Beranda Akses Meski Terendam Banjir, Warga Desa Lubuk Bernai Tetap Bertahan di Rumah

Meski Terendam Banjir, Warga Desa Lubuk Bernai Tetap Bertahan di Rumah

TANJABBAR, AksesJambi.com – Hujan deras yang mengakibatkan Banjir di Desa Lubuk Bernai, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat belum juga surut, Kamis (31/12/2020).

Kepala Desa Lubuk Bernai, Wahyu Amrullah saat dikonfirmasi menyebutkan, bahwa kondisi banjir di beberapa titik Desa Lubuk Bernai mencapai ketinggian orang dewasa.

“Masih sampai sekarang masih tinggi airnya. Ketinggiannya tidak sama, ada beberapa titik yang hanya sepinggang, ada yang bahkan sampai orang dewasa. Banyak akses jalan yang tidak bisa di lewati oleh masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Wahyu, bahwa dengan ketinggian banjir ini membuat sejumlah orang tidak bisa melintas. Disisi lain, orang yang memang menginginkan untuk melewati desa dan di rasa penting, sejumlah warga turut membantu dengan menggunakan rakit.

Sementara itu, setidaknya ada tiga rumah warga yang terendam oleh banjir dan harus dievakuasi. Disampaikan oleh Wahyu, setidaknya ada empat rumah warga yang telah terdata dan terkena banjir. Selain itu, data yang baru di peroleh ada satu akses jalan yang terputus karena derasnya arus air.

“Ada satu yang sudah kita tinjau itu jalan putus di Sungai Beluru yang akses ke Dusun Palang. Yang penghubung ke PT DAS akses tembus ke Taman Raja, Tungkal Ulu, Merlung. Kita perkirakan ada juga yang putus jembatannya, soalnya jalan seperti ini sama sungai kecil banyak di sini,” pungkasnya.

Ketika ditanya terkait apakah ada evakuasi terhadap masyarakat, Wahyu Amrullah mengatakan masyarakat yang rumahnya terendam banjir masih memilih di rumah untuk tinggal.

“Mereka masih di rumah bertahan, tapi kami pihak desa masih terus mendata masyarakat,” tutupnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi