Beranda Akses Hujan Deras dan Drainase Diperkecil, 6 RT di Perumnas Kota Baru Terendam...

Hujan Deras dan Drainase Diperkecil, 6 RT di Perumnas Kota Baru Terendam Banjir

JAMBI, AksesNews – Akibat hujan deras disertai angin kencang menguyur seluruh wilayah di Kota Jambi sehingga mengakibatkan sebagian wilayah di Kota Jambi kebanjiran, Kamis (31/12/2020).

Salah satu wilayah yang terendam banjir, ada 6 RT yakni RT 11 sampai RT 16 di wilayah Perumnas Kelurahan Handil Jaya, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Ketua RT 16, Basir mengatakan bahwa banjir tersebut terjadi sejak hujan deras sekitar pukul 02.00 WIb dan sejumlah rumah warga terendam banjir.

“Untuk jumlah rumah warga yang terendam banjir belum ada kita data, tapi di sini ada 6 RT rumah warga yang tinggal di pinggir sungai terkena banjir,” sebutnya, Kamis (31/12/2020).

Selain itu, Basir juga mengatakan bahwa rumah warga Perumnas yang terendam banjir tersebut dengan ketinggian air 30 sampai 80 sentimeter dengan ukuran sepinggang orang dewasa.

“Saat ini, warga masih bertahan di rumah dan belum ada yang mengungsi. Ini kejadian banjir pertama kali, yang merendam rumah warga dengan ketinggian air yang cukup tinggi,” ucapnya.

Penyebab banjir tersebut, diduga akibat perbaikan jalan di dekat sungai yang memperkecil drainase gorong-gorong yang ada di bawa jembatan yang direhab dan ukurannya lebih kecil dibandingkan ukuran sebelumnya sehingga mengakibatkan banjir saat hujan.

“Sebelum gorong-gorong di bawa jembatan di perbaiki di Perumnas ini tidak pernah banjir saat hujan, namun setelah selesai perbaikan saat hujan langsung banjir,” jelasnya.

Pantaun di lapangan, hingga saat ini air masih merendam sejumlah rumah warga di wilayah Perumnas tersebut. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi