Beranda Akses Oknum Panwascam Sekernan Rangkap Jabatan di BPD, Banyak Aturan yang Dilanggar

Oknum Panwascam Sekernan Rangkap Jabatan di BPD, Banyak Aturan yang Dilanggar

MUAROJAMBI, AksesNews – Oknum Ketua dan anggota Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) Sekernan diduga melanggar aturan dengan merangkap jabatan BPD. Sesuai dengan aturan Perda Muaro Jambi dan Keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), terkait larangan rangkap jabatan terhadap Panwascam, Senin (31/08/2020).

Bersadarkan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor 0883/K.BAWASLU/KP.01.OO/Xl/2019, tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwas Kecamatan Tahun 2019 dan Perda Muaro Jambi Nomor 11 Tahun 2019, yang berbunyi “Mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan atau di badan usaha milik negara badan usaha milik daerah pada saat mendaftar” dan angka 15 yang berbunyi “Bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih”.

Keputusan Bawaslu juga merujuk kepada Peraturan Daerah Kabupaten Muaro Jambi Nomor 11 Tahun 2019 tentang BPD yang berbunyi “Berdasarkan ketentuan itu, untuk menghindari terjadinya pelanggaran terhadap ketentuan sebagai pengawas pemilu maka dihimbau kepada seluruh Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan atau Desa untuk dapat memilih dan/atau mengundurkan diri sebagai anggota BPD atau Pengawas Pemilu sesuai dengan ketentuan yang berlaku”.

Serta Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dalam UU tersebut disebutkan bahwa Anggota BPD dilarang memiliki jabatan ganda.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi, M. Fafiz menilai terkait adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oknum Panwascam tersebut, sudah mengetahuinya dan akan segera berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi Jambi terkait hal tersebut.

“Kami sudah mengetahui hal tersebut dan akan ke Provinsi untuk mengkonfirmasi dan apa jabawabnya,” ujarnya.

“Dasar hukumnya jelas, jika mereka terpilih baru mundurkan, inilah sikap Bawaslu terhadapa Panwascam rangkap jabatan,” pungkasnya. (Duha)

DRadio 104,3 FM Jambi