Beranda Akses Dengan Adanya Aplikasi Sipadek, Pemkot Jambi Tak Lagi Gunakan Kertas

Dengan Adanya Aplikasi Sipadek, Pemkot Jambi Tak Lagi Gunakan Kertas

KOTAJAMBI, AksesNews – Guna mencegah penularan Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi sedang mewujudkan paperless atau sistem administrasi tanpa menggunakan kertas.

Menurut Staf Ahli Pemkot Jambi, Jaelani, penggunaan kertas berpotensi menularkan Covid-19, sehingga pelayanan dan dokumentasi tanpa kertas diterapkan.

“Melalui ini kita meminimalisasi penularan virus, karena bersentuhan dengan kertas,” ujarnya, Senin (30/11/2020).

Ia pun mengatakan untuk pelayanan saat pandemi Covid-19 Pemkot Jambi menggunakan aplikasi tertentu, yakni Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Terpadu Perkantoran (Sipadek).

“Di era pandemi kita sudah menggunakan paperless, dengan aplikasi tertentu bernama Sipadek. Jadi kita tidak lagi menggunakan kertas, kecuali yang bersifat pengembangan kepegawaian atau hal yang sangat prinsipil,” kata Jaelani.

Namun pemanfaatannya, diakui Jaelani, masih perlu ditingkatkan di antara masyarakat dan Pemkot Jambi.

“Pemanfaatannya sudah lumayan, tapi harus kita tingkatkan. Peningkatannya dari kedua bela pihak, yaitu peningkatan sarana-prasarana dari pemerintah dan peningkatan kesadaran untuk menggunakan aplikasi yang disediakan Pemkot Jambi,” katanya.

Selain itu, Jaelani juga menyampaikan Pemkot Jambi akan memasang jaringan internet atau WiFi gratis di area publik.

“Ke depannya kita akan memasang WiFi gratis di area publik, termasuk di sekolah. Sehingga tidak ada lagi kendala untuk mengakses informasi terkait perkembangan Kota Jambi,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi