Beranda Akses Madu dan Minuman Rempah di Jambi Laris Manis saat Pandemi Covid-19

Madu dan Minuman Rempah di Jambi Laris Manis saat Pandemi Covid-19

KOTA JAMBI, AksesNews – Pandemi Covid-19 tidak selalu mengikis daya ekonomi masyarakat. Sebab tingginya kesadaran untuk menjaga imunitas, membuat penjualan madu dan minuman berbahan rempah sedang laris manis.

Kondisi inilah yang dirayakan Candra Lela selaku pemilik Rumah Madu Hutan Jambi yang terletak di Pasir Putih, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Candra mengungkapkan sejak pandemi Covid-19 berlangsung, penjualan madu di Rumah Madu Hutan Jambi meningkat drastis sekitar 80 persen. Dalam satu bulan ia bisa menjual madu seberat sekitar 3 sampai 4 Ton.

“Sejak pandemi ada peningkatan sekitar 80 persen. Kalau Tonasenya, 3 sampai 4 ton,” katanya, Minggu (29/11/2020).

Ia pun mengungkapkan Rumah Madu Hutan Jambi menyediakan berbagai jenis Madu yang sebagiannya adalah hasil budidaya di rumah madu tersebut.

“Ada Madu jeni Alkasia, Karet, Biflora, kemudian ada jenis Kelulut. Sebagain madu di sini hasil budidaya sendiri, sebagian hasil kerja sama dengan petani lain,” ujarnya

Sedangkan Kedai bernama Galoe Rempah penjualannya meningkat hingga 100 persen dibandingkan tahun lalu. Artinya, penjualan minuman berbahan rempah juga mengalami peningkatan yang drastis.

“Kalau dibandingkan tahun lalu, kini meningkat sekitar 100 persen. Sedangkan awal-awal buka kami sempat bentang tikar untuk tidur, karena penjualan sepi,” tutur Pemilik Galoe Rempah, Wisma.

Minuman yang tersedia di kedai tersebut, misalnya Segalo Rempah (Secang), Sari Rempah, Sungkai dan lainnya.

Wisma mengatakan Sari Rempah adalah minuman berbahan rempah-rempah yang dicampur dengan jeruk dan kulitnya. Kulit Jeruk sendiri dinilai dapat meningkatkan imunitas untuk melawan Covid-19.

“Di awal atau 3 tahun yang lalu kami sudah yakin kulit jeruk sangat bermanfaat. Tetapi kemudian sesudah ada Covid-19, cukup banyak universitas yang melakukan penelitian. Universitas Indonesia dan IPB menyatakan bahwa kulit jeruk mengandung hesperidin yang bisa untuk melawan Covid-19,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi