Beranda Akses Pemudik yang Masih Nekat Disuruh Putar Balik di Perbatasan Jambi-Palembang

Pemudik yang Masih Nekat Disuruh Putar Balik di Perbatasan Jambi-Palembang

MUAROJAMBI, AksesNews – Demi menekan angka penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19), Pemerintah Republik Indonesia telah mengambil kebijakan larangan mudik untuk semua masyarakat, termasuk di Provinsi Jambi. Jika ada yang melanggar aturan atau tetap melakukan mudik, petugas penjagaan langsung meminta pengendara putar balik ke daerah asal.

Hal tersebut disampikan langsung oleh Kapolres Muaro Jambi, AKBP. Ardiyanto. Bahwa untuk saat ini, dengan adanya surat edaran dari Kementerian Perhubungan, semua transportasi baik darat, laut maupun udara untuk tidak beroperasional sehingga saat ini pihaknha melakukan penertiban transportasi yang nakal tetap beroperasi.

“Jadi, kendaraan transportasi baik bus, travel maupun pipos yang nekat beroperasi, kita lakukan pemeriksaan di pos cek poin yang berada di Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, perbatasan Jambi-Palembang dan sudah kita perintahkan untuk putar balik ke daerah asal. Seperti dari Jambi tujuan Palembang, dari Jambi tujuan Lampung, atau Jawa, atau sebaliknya kita suruh putar haluan balik kanan ke daerah asal,” ujar AKBP Ardiyanto, Rabu (29/4).

Lanjut AKBP Ardiyanto berdasar surat edaran dari Kementerian Perhubungan tersebut semua transportasi laut yang ada di Merak Bakauheni tidak beroperasi dan yang diutamakan untuk angkutan logistik atau sembako, sehingga petugas di pos pos pengamanan dan pelayanan di jajaran Polres Muaro Jambi melakukan penjagaan ketat.

“Saya hanya mengingatkan dan memerintahkan. Apabila ditemukan adanya mobil bus, travel atau mobil pribadi yang niatnya dan dilihat dari ciri-cirinya akan pulang kampung saya harapkan untuk kembali ke tempat asal untuk mencegah penyebaran virus Corona di kampung tersebut,” jelasnya.

Dan berdasarkan surat dari Kementerian Perhubungan tersebut kita jajaran Polres Muaro Jambi bersama dengan Ditlantas Polda Jambi telah mengembalikan sebanyak 37 kendaraan yang akan menuju Pulau Jawa atau luar kota Jambi untuk dilarang melintas di wilayah Hukum Polres Muaro Jambi.
“Kepada masyarakat dari pada nanti setelah jauh-jauh dari perjalanan dan sampai di sini kita perintahkan untuk putar arah kembali, kita himbau untuk masyarakat lebih baik untuk di rumah saja,” tambahnya.

Kemarin ada kejadian mobil ALS dari Sumatra Utara yang akan menuju Pulau Jawa, sempat terjadi adu argumen dengan petugas, namun petugas tetap lakukan tindakan tegas untuk dikembalikan ke daerah asal.

“Kejadian kemarin mobil ALS yang mau melintas kita arahkan untuk putar arah kembali ke kota asal agar tidak melanjutkan perjalanan,” tutupnya. (Bob)

DRadio 104,3 FM Jambi