Beranda Akses Kelebihan Muatan, Perahu Wisata di Danau Sipin Terbalik

Kelebihan Muatan, Perahu Wisata di Danau Sipin Terbalik

KOTAJAMBI, AksesNews – Kejadian naas terjadi di Rest Area Danau Sipin, Kota Jambi pada hari Senin (28/02/2022) sore. Sebuah perahu terbalik di lokasi wisata itu.

Odi (37), seorang korban perahu terbalik, mengatakan sebelum kejadian naas itu, ia dan keluarga ingin menyantap makanan sembari menikmati pemandangan di danau. Ia memesan tumpangan perahu untuk 16 orang dewasa, dan 4 orang anak.

Awalnya, perahu yang melaju terasa baik-baik saja. Namun, sekitar 20 menit berada di tengah danau, perahu mulai tenggelam.

“Baru sekitar 20 menitan, dan posisi kami lagi makan liwetan yang disediakan pihak penyedia , kapal tiba-tiba merendah hingga tenggelam,” ujarnya, Senin (28/02/2022).

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Pengendara perahu yang melintas segera mendekati para korban untuk memberikan pertolongan.

“Saya dan adik saa dibantu kapal sekitar yang menyelamatkan semua anggota keluarga saya. Alhamdulillah anggota keluarga selamat semua. Tapi, memar dikit, dan beberapa HP adik-adik saya hilang,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, perahu itu tenggelam bukan karena terjadi kebocoran. Tetapi, akibat dari kondisi over kapasitas atau kelebihan penumpang.

Biasanya, perahu wisata di danau ini maksimal ditumpangi 12 orang. Namun, saat itu ada 21 orang yang berada di dalam perahu.

“Seharusnya penumpang 12 orang. Tetapi, omalah dipaksa diisi sebanyak 21 orang,” kata Kepala Polsek Telanai, AKP Yumika.

Ia pun meminta para pemilik perahu di Danau Sipin tidak lagi mengangkut penumpang yang jumlahnya melebihi kapasitas. Jika ini diulangi keselamatan wisawatan terancam.

“Kita tegaskan kepada para perahu hias agar sekali lagi tidak membawa penumpang melebihi beban,” tuturnya.

Ketika kejadian itu berlangsung, warga yang melihat langsung menolong. Beruntungnya tidak ada korban jiwa. Namun, sebagian penumpang mengalami trauma.

“Kejadian tersebut tepat di Danau Sipin yang merupakan tempat rekreasi para wisatawan lokal. Karena libur, para warga mengunjunginya. Namun saat menaiki perahu langsung tenggelam,” kata Yumika. (Sob)