Beranda Akses Eksplorasi Migas, Pertamina Investasi di Blok Southeast Jambi

Eksplorasi Migas, Pertamina Investasi di Blok Southeast Jambi

JAMBI, AksesNews – Pertamina Hulu Energi (PHE) meningkatkan eksplorasi migas untuk mencari cadangan baru. Salah satu caranya dengan mengakuisisi hak partisipasi di blok migas eksplorasi Southeast Jambi.

Vice Presidet Relations PHE Ifki Sukarya menjelaskan, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi disebutkan bahwa kerja sama hulu migas dapat dilaksanakan melalui proses pengambilalihan hak partisipasi dari operator blok migas.

Dalam hal ini, PHE mengakuisisi hak partisipasi Repsol Exploracion South East Jambi B.V. yang merupakan operator Wilayah Southeast Jambi. Adapun, Pertamina menugaskan PT PHE Southeast Jambi sebagai pemegang hak partisipasi di blok migas tersebut.

Kerja sama dengan Repsol dan MOECO dalam pengembangan Blok Southeast Jambi merupakan awal dari kegiatan kemitraan yang digagas oleh Direktorat Hulu Pertamina. Kedepannya Pertamina akan terus mencari peluang untuk bekerjasama dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lainnya untuk tercapainya target produksi sebesar 923 ribu barel setara minyak per hari (boepd) pada tahun ini.

“Untuk dapat merealisasikan program ini, Pertamina terus berdiskusi secara intensif dengan Repsol Exploracion South East Jambi B.V. dan pemerintah, termasuk dengan investasi yang akan dijalankan dalam pengembangan wilayah kerja tersebut,” ujar Ifki dalam keterangan tertulis, Jumat (28/02/2020).

Secara resmi penandatanganan kerjasama antara Repsol Exploracion South East Jambi B.V. dan PHE Southeast Jambi dilaksanakan pada Rabu (26/02/2020) lalu.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur PHE Southeast Jambi Abdul Mutalib dengan General Manager Repsol Exploracion South East Jambi B.V. Greg Holman.

Blok Southeast Jambi merupakan satu dari tujuh blok migas yang dilelang dengan skema penawaran langsung pada tahap pertama 2018. Awalnya, Talisman West Bengara B.V, menggandeng MOECO South Sumatra Co., Ltd membentuk konsorsium untuk mengembangkan blok tersebut.

Namun, Repsol mengakuisisi Talisman sehingga penandatanganan kontrak dilakukan oleh Konsorsium Repsol Exploracion South East Jambi B.V. dan MOECO Southeast Jambi B.V. Repsol pada 17 Juli 2018 lalu.

Konsorsium membayar bonus tanda tangan sebesar US$ 500 ribu dan komitmen pasti yang terdiri dari G & G dan seismik 2D sepanjang 300 km dengan niali US$ 4,650 juta.

SUMBER: katadata.co.id

DRadio 104,3 FM Jambi