Beranda Akses JOC-Kesbangpol Gelar Seminar untuk Melestarikan Budaya Jambi

JOC-Kesbangpol Gelar Seminar untuk Melestarikan Budaya Jambi

JAMBI, AksesNews – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi bersama Jambi Oldies Community (JOC) adakan seminar tentang Sinergitas JOC dan Pemerintah Daerah dalam rangka melestarikan budaya daerah. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Ratu Jambi, Jumat (27/11/2020).

Sebagai komunitas yang fokus terhadap musik, seni dan vokal, JOC juga terus berupaya mengangkat seni musik lokal, khususnya musik daerah Jambi.

Ketua JOC, Subandrio mengatakan kegiatan yang dilakukan ini guna meningkatkan Marwah kepada peserta tentang seni musik daerah Jambi.

“Kegiatan ini tetap sesuai dengan visi misi JOC yang mana fokus pada budaya lokal, seni lokal, musik lokal dan olah vokal khususnya daerah Jambi,” sebut Subandrio.

Subandrio menegaskan, JOC bukan sekedar hanya bernyanyi, tetapi berupaya mengangkat harkat musik dan seni budaya Jambi.

” Musik Jambi itu mahal, dalam olah vokal atau paduan suara harus berlatih paling cepat 2 bulan. Itupun harus dilakukan minimal 28 orang,” katanya.

Subandrio pun berharap dari kegiatan, peserta dapat lebih memahami musik Jambi dan terkhusus bagi anggota JOC untuk lebih komitmen dalam menjalankan visi misi dan tetap dalam koridor AD ART.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, Mukti, mengatakan dalam pengoptimalan kinerja pemerintah, khususnya Kesbangpol memiliki program yang memberikan kerjasama kepada Ormas-ormas dalam bentuk kegiatan.

“Seperti yang dilaksanakan JOC hari ini. Kegiatan yang dilaksanakan berupa seminar kebudayaan Jambi,” kata Mukti.

Menurut Mukti, Ormas di provinsi Jambi ini sangat banyak, namun untuk dalam bantuan program, Kesbangpol harus melakukan seleksi.

“JOC dapat melaksanakan kegiatan karena hasil dari seleksi. Secara administratif, mereka lengkap dan sesuai syarat yang kami berikan,” tutur Mukti.

Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi ini pun berharap dari kegiatan ini ormas-ormas di provinsi Jambi ini semakin kuat, kegiatannya semakin meningkat, terutama kegiatan yang menyampaikan informasi kepada masyarakat. Untuk JOC sendiri agar dapat mengajak masyarakat untuk terlibat dalam Seni.
Dari komunitas ini semoga timbul seni yang berkualitas, baik di daerah hingga nasional,” kata Mukti.

Mukti pun menghimbau kepada masyarakat, khususnya dalam rangka penerapan protokol kesehatan di masa Pendemi dan menjelang Pilkada Serentak Jambi 2020 agar tetap melaksanakan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) serta ikut berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah.

Diketahui, dalam kegiatan seminar ini diikuti oleh 60 peserta. Dalam sesi acara juga dilaksanakan pemasangan tanda peserta dan pemberian cinderamata dari JOC kepada Badan Kesbangpol Provinsi Jambi. Untuk seminar sendiri, diisi oleh Seniman dan Budayawan Jambi. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi