Beranda Akses Kato dan Sami, 2 Anjing Pelacak yang Siap Berantas Peredaran Narkoba di...

Kato dan Sami, 2 Anjing Pelacak yang Siap Berantas Peredaran Narkoba di Jambi

JAMBI, AksesNews – Sebanyak dua anjing pelacak dari BNN Lido Bogor yakni Kato (5) jenis Malinois dan Sami (5) jenis Jerman Sheperd siap membantu mencegah dan memberantas peredaran narkoba bersama Tim Badan Narkoba Nasional (BNN) Provinsi Jambi.

Kabid Berantas BNNP Jambi, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo mengatakan bahwa dari 2 anjing pelacak tersebut sudah memberikan prestasi luar biasa, yakni dengan berhasil membongkar penyeludupan narkotika jenis ganja sebesar 30 kg yang disimpan dalam bak mobil truk di kawasan Bogor. Kemudian, di daerah Jawa Tengah penyeludupan narkotika jenis sabu.

“Jadi kita bukan hanya mendatangin anjingnya saja, namun kita juga mendatangin pawangnya langsung sebanyak 4 orang dari Markas Komando BNN Lido Bogor,” kata Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Selasa (27/10/2020).

Dari 2 anjing pelacak tersebut, pihaknya sudah melakukan uji coba deteksi dari berbagai jenis narkotika di berbagai daerah yang ada di Provinsi Jambi seperti Danau Sipin, Pelabuhan Kuala Tungkal, Kargo Bandara Sultan Thaha Jambi dan terakhir di daerah Kabupaten Bungo.

“Dari beberapa daerah yang kita lakukan uji coba itu, memang tidak menemukan barang haram tersebut secara signifikan, hanya risidu-risidu saja yang kita temukan atau tempat tersebut pernah dilakukan tempat transaksi narkotika,” jelasnya.

Anjing ini nantinya akan bisa mempermudah dan membantu kinerja anggota BNN Provinsi Jambi dalam memberantas peredaran narkotika. Jambi ini merupakan tempat yang sangat strategis untuk dilakukan peredaran narkotika dikarenakan jalur lintas, seperti dari Aceh, Sumut, Kepri, Riau dan tidak menutup kemungkinan pembagian barang haram tersebut bisa di Jambi.

“Jadi saran saya, jangan pernah-pernah mencoba menggunakan, apalagi menjadi pengguna aktif agar segera melaporkan diri ke kantor BNN Provinsi Jambi dan akan di lakukan rehabilitasi, dan bagi calon pengendara yang ada di Jambi akan kita sikat habis hingga tuntas,” tegasnya. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi