Beranda Akses 1 Warga Batanghari Positif Covid-19, Masyarakat yang Kontak Segera Lapor

1 Warga Batanghari Positif Covid-19, Masyarakat yang Kontak Segera Lapor

BATANGHARI, AksesJambi.com – Terkait adanya kasus satu orang warga Batanghari positif Covid-19, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Batanghari gelar Jumpa Pers, Senin (27/04/2020).

Dr. Elfie Yennie, MARS selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Batanghari mengatakan, satu dari sebelas orang yang tertular Covid-19 di Provinsi Jambi per-tanggal 26 April Kemarin yakni warga Kabupaten Batanghari.

“Iya, salah satunya warga Kecamatan Muara Bulian yang pekan lalu kita Rapid Test dinyatakan Positif,” katanya.

Elfie yang didampingi Kepala Dinas Kominfo, Sehan serta Kabid IKP Raden Sulaiman, pihaknya akan melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang pernah kontak fisik dengan pasien 01 Batanghari.

“Ada 8 orang termasuk pasien 01, mereka yang baru pulang dari Gowa, sedangkan yang 7 orang lainnya kita sudah lakukan Rapid Tes hasilnya Negatif semua tapi kita anjurkan untuk karantina mandiri,” tambahnya.

“Sedangkan Rapid Test yang kita lakukan terhadap anak dan isteri korban dinyatakan negatif semua tapi kita tetap lakukan karantina mandiri di rumah korban,” sambungnya.

Kepada masyarakat yang pernah melakukan kontak fisik dengan pasien 01 dihimbau agar segera memeriksakan diri ke Pelayanan Kesehatan terdekat atau langsung ke Posko Gugus Tugas Covid-19, hal ini dilakukan pemerintah pusat maupun daerah guna memutuskan mata rantai penularan Virus tersebut.

Dalam kesempatan itu, Sehan Juga mengatakan, keluarga pasien 01 yang sedang menjalani karantina mandiri dirumahnya, pemerintah akan memberikan jaminan bahan makan dan minum selama pasien menjalani Karantina di RSUD Hamba Muara Bulian.

“Menjelang dinyatakan benar – benar sehat oleh tenaga medis, kita akan berikan bantuan karena ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah setempat,” ujarnya.

Sehan juga meminta kepada rekan – rekan media untuk membantu dalam mencari informasi tentang masyarakat yang pernah melakukan kontak fisik dengan pasien dan tujuh rekannya.

“Apabila belum mengecek kesehatanya dan ada informasi segera laporkan ke kami langsung kami akan memberikan nasehat karena ini menyangkut keselamatan orang banyak,” kata dia.

“Dan mari kita sama-sama memberikan semangat dan dukungan buat saudara kita pasien 01 dan keluarganya, mudah-mudahan cepat diberikan kesembuhan hingga berkumpul kembali seperti biasa dengan keluarganya,” pungkasnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi