Beranda Akses Kasus Hoaks di Jambi Masih Minim, Masyarakat Diminta Tetap Jeli Menerima Informasi

Kasus Hoaks di Jambi Masih Minim, Masyarakat Diminta Tetap Jeli Menerima Informasi

JAMBI, AksesNews – Di tengah pandemi Corona Virus Disease (COVID-19), Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jambi, mengimbau agar masyarakat Provinsi Jambi khususnya, agar lebih jeli lagi dalam menerima informasi yang didapat dari berbagai media, terutama media sosial.

Kasubdit Cyber Crime Polda Jambi, AKBP Wahyu Bram mengatakan, meskipun sejauh ini kasus penyebaran berita bohong atau Hoax di Provinsi Jambi masih tergolong minim, masyarakat harus tetap lebih jeli dalam memilah sumber informasi, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Dia mengimbau, agar mencari sumber informasi yang bisa dipertanggung jawabkan.

“Ya kalau ada teman yang sudah berulang kali terbukti menyebar berita bohong, jangan dipercaya atau di share lagi informasinya, harus lebih bijak,” tegas Wahyu Senin (27/04/2020).

Sementara itu, bagi masyarakat yang menyebarkan berita bohong atau hoax, bisa dikenakan Undang-undang Darurat NO 1 tahun 1946, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Hingga saat ini, Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jambi mengungkapkan, bahwa di wilayah Provinsi Jambi masih minim terkait dengan kasus penyebaran berita bohong atau hoax. Sejauh ini, Kepolisian Daerah (Polda) Jambi baru satu kali menemukan penyebaran berita bohong terkait isu pandemi covid-19.

“Secara perhitungan ya, kasus penyebaran berita bohong untuk wilayah Provinsi Jambi masih minim. Terlebih selama Pandemi Covid-19 ini, kita ada tangani satu kasus,” kata Wahyu.

Saat ditanyai mengenai sejumlah berita bohong berupa video tindakan kriminal beberapa waktu lalu, Wahyu mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran, dan menemukan bahwa isu tersebut lokasinya diluar wilayah Provinsi Jambi.

“Ada beberapa yang melapor ke pada kami, terkait isu video korban jambret beberapa waktu lalu, dan itu di wilayah Pulau Jawa. Lokasi atau orang yang melakukan penyebarannya itu, bukan dari Jambi,” imbuhnya. (Bob)

DRadio 104,3 FM Jambi