Beranda Akses Polda Jambi Amankan 5 Truk Kayu Ilegal dari Taman Nasional Berbak

Polda Jambi Amankan 5 Truk Kayu Ilegal dari Taman Nasional Berbak

JAMBI, AksesNews – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Jambi, mengamankan 5 (lima) unit mobil truk yang mengangkut atau membawa kayu illegal yang diduga kuat berasal dari Taman Nasional Berbak. Sebanyak 38 meter kubik kayu balok gelondongan juga ikut diamankan, saat melintas di jalan Lintas Sumatera menuju Kota Jambi, sekitar pukul 19.00 WIB, Selasa (23/02/2021).

Penangkapan kayu ilegal di dua wilayah tersebut, yakni satu mobil di kawasan Jalan Lingkar Barat, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru dan empat mobil truk di kawasan Jalan Lingkar Barat II, Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Kota Baru.

Selain selain mengamankan barang bukti berupa kayu dan kendaraan pengangkut, Polda Jambi juga berhasil mengamankan sedikitnya 8 (delapan) orang yang terlibat, di antaranya 5 orang sopir dan 3 orang yang diduga sebagai pemodal pembalakan liar (illegal logging) tersebut.

Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany Setiyono, melalui Wadir Krimsus AKBP Muhammad Santoso mengatakan, penangkapan terungkap berkat informasi dari masyarakat, bahwa akan ada mobil truk mengangkut kayu ilegal yang akan dibawa ke Kota Jambi.

Dari hasil pemeriksaan, Polda Jambi menetapkan tiga orang tersangka yang merupakan pemodal dan masih memburu dua pemodal lainnya. Ketiganya yakni Riko, Paimin, dan Hamdani. Sedangkan dua pemodal lainnya masih diburu dan polisi sudah mengantongi identitasnya.

“Saat ini ketiga tersangka masih kita lakukan pemeriksaan, untuk dimintai keterangan berapa modal yang sudah dikeluarkan ketiga tersangka untuk kayu illegal tersebut,” kata AKBP Muhammad Santoso, Sabtu (27/02/2021).

Ketiga tersangka nantinya akan disangkakan dengan pasal 88 ayat 1 huruf a UU No. 18 tahun 2013 dengan sanksi hukuman paling lama 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp 5 Miliar.

Untuk saat ini, barang bukti kayu illegal beserta 5 unit mobil truk tersebut dititipkan di Mapolsek Kota Baru, Kota Jambi. (Team AJ/*)

DRadio 104,3 FM Jambi