Beranda Advertorial Kunker ke Sungai Penuh, Pj Gubernur Minta Pemkot Optimalkan Penanganan Covid-19

Kunker ke Sungai Penuh, Pj Gubernur Minta Pemkot Optimalkan Penanganan Covid-19

JAMBI, AksesNews – Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni mengungkapkan, pada 2021 konsentrasi pemerintah fokus pada isu kesehatan terutama penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi serta jaring pengaman sosial. Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja di Kota Sungai Penuh, Sabtu (27/02/2021).

Pj Gubernur meminta agar pemerintah daerah secara ketat menegakkan protokol kesehatan 5M (Mencuci Tangan, Menggunakan Masker, dan Menjaga Jarak) dan aktif melakukan 3 T (testing, tracking, dan treatment) mengingat Kota Sungai Penuh ditetapkan sebagai zona merah Covid-19.

Pada kunjungan kerjanya, perempuan pertama Pj Gubernur di Provinsi Jambi ini juga menyampaikan bagaimana mengoptimalkan penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

‘’Penggunaan APBD lebih diprioritaskan untuk tiga hal yakni penanganan kesehatan khususnya covid, penanganan dampak ekonomi, penyediaan jaring pengawas bantuan sosial untuk masyarakat,” ujarnya di Kantor Walikota Sungai Penuh, Sabtu (27/02/2021).

Dalam kunjungannya, Pj Gubernur menyampaikan banyak arahan terkait penanganan Covid-19 dan dampak sosial ekonominya, vaksinasi, stunting, tindak lanjut Rakotekrenbang, optimalisasi dan atau percepatan penyerapan APBD, juga sosialisasi serta edukasi masalah regulasi rencana Pembangunan Daerah.

“Kemudian, lanjutnya, forum Rakortekrenbang yang dibuka tanggal 25 Februari 2021, kiranya dapat ditindalanjuti dan terkait APBD, sebagai sebuah kota yang unik karena 52 % wilayahnya adalah hutan, dan wilayah kota yang paling banyak desanya. Serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang paling kecil di Provinsi Jambi, wilayah kota Sungai Penuh memiliki sumber daya alam yang terbatas,” ungkap Pj Gubernur.

“Dengan keterbatasan kapasitas fiskal yang ada, Kota Sungai Penuh harus dapat mengoptimalkan APBD, tentu kita masih berkonsentrasi dengan penanganan covid, pemulihan ekonomi dan jaring pengaman social,” tambahnya. (Kmf/*)

DRadio 104,3 FM Jambi