Beranda Akses KPU Batanghari Gelar Acara Peluncuran Pilkada Serentak 2024

KPU Batanghari Gelar Acara Peluncuran Pilkada Serentak 2024

BATANGHARI, AksesJambi.com – Bupati Batanghari, Mhd. Fadhil Arief menghadiri acara Peluncuran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Batanghari, di Alun-alun Kabupaten Batanghari, Selasa (25/06/24) malam.

Bupati Batanghari Mhd. Fadhil Arief, menyampaikan bahwa dalam Pilkada secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa. Pilkada juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenal seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri kita.

“Kita menganut sistem pemilihan langsung, yang sering terdengar dengan istilah One Person, One Vote, sistem ini merupakan tuntutan langsung dari reformasi tahun 1998, dimana masyarakat bisa langsung memilih pemimpinnya, tanpa melalui perantara atau diganggu oleh pihak manapun. Sebagai warga Negara yang baik sudah menjadi keharusan,” kata Fadhil.

Mempedomani Surat Edaran Kementrian Dalam Negeri Nomor 900 1.9.1/435/SJ, tanggal 24 Januari 2023 tentang Pendanaan Kegiatan Pilkada Tahun Anggaran 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menganggarkan dana hibah kepada KPU dan Bawaslu, dimana 40 persen dianggarkan pada Tahun Anggaran 2023 telah disalurkan 14 hari setelah penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), sedangkan untuk Tahun Anggaran 2024 ini dianggarkan 60 persen, dan telah disalurkan pada tanggal 24 Juni 2024.

“Saya percaya, kita semua yang hadir di sini sependapat, bahwa Pilkada adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Batanghari,” jelasnya.

Pemerintah sendiri, telah senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama pelaksanaan Pilkada pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak saudara-saudara, sesuai dengan batasan kewenangan dan bidang urusan masing-masing, untuk:

Pertama, turut memastikan bahwa Pilkada tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan Pilkada.

Kedua, bersedia untuk sepakat, bahwa menjaga kondusifitas selama Pilkada adalah tanggungjawab bersama seluruh stakeholder, tanpa terkecuali. Diharapkan seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan kampanye politik dapat menjalankan perannya dengan tanpa mencederai harga diri dan martabat setiap pihak, termasuk lawan politiknya.

Mari bersama-sama saling bersinergi, berpartisipasi dan berkontribusi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak khususnya di Kabupaten Batanghari agar setiap tahapan berjalan lancar, juga menjadi tantangan tersendiri agar terjadi peningkatan kualitas penyelenggaraan Pilkada.

“Saya atas nama pribadi dan Kepala Daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi- tingginya, kepada seluruh pemangku kepentingan, terlebih kepada jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari atas kerja keras dan komitmennya dalam pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Batanghari,” tutupnya.

Acara tersebut dihadiri oleh para Forkopimda Kabupaten Batanghari, Sekda Kabupaten Batanghari, Asisten I, Para Kepala OPD dan Camat Lingkup Kabupaten Batanghari, Ketua KPU Provinsi Jambi, Ketua KPU Batanghari dan Kepala Bank Jambi Cabang Batanghari serta para tamu undangan lainnya. (Ag/*)