Beranda Akses Waspada Virus Corona, Bandara Sultan Thaha Jambi Perketat Pemeriksaan

Waspada Virus Corona, Bandara Sultan Thaha Jambi Perketat Pemeriksaan

JAMBI, AksesNews – Pengelola Bandara Sultan Thaha bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Jambi melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan dan kesehatan kepada penumpang, mencegah masuknya wabah Corona melalui orang, Minggu (26/01/2020) sore.

GM Bandara Sultan Thaha Jambi, M. Hendra Irawan, mengatakan, pemeriksaan dokumen perjalanan penumpang dilakukan untuk membantu mempermudah petugas KKP mempersempit lingkup pemeriksaan kesehatan khusus dari sejumlah negara yang telah terjangkit, terutama dari China.

“Walaupun bukan pintu masuk utama internasional, tidak menutup kemungkinan bandara kita tetap dilalui penumpang yang baru saja bepergian ke negara China melalui beberapa bandara internasional lain di Indonesia. Untuk itu pemeriksaan ini kita lakukan,” katanya.

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Sultan Thaha Jambi juga telah menyiapkan ruang isolasi kesehatan yang siap digunakan apabila dari pemeriksaan penumpang diduga terinfeksi wabah Corona.

Kepala KKP Kelas III Jambi, Ali Isha Wardhana mengatakan, pemeriksaan kesehatan penumpang dilakukan mengacu tinggi suhu tubuh penumpang mengacu salah satu gejala penyakit yang telah menyebabkan puluhan orang di China tewas ini.

“Hasil pengecekan yang dilakukan dengan alat deteksi tubuh, hingga saat ini belum ditemukan penumpang dengan suhu di atas 38°C,” kata Ali.

Sebelumnya, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Raden Mattaher Jambi, dr. Dewi Lestari, menyampaikan pernyataan resmi yang intinya belum bisa memastikan apalah pasien yang dirawat di rumah sakit milik Pemprov Jambi itu, terjangkit virus Corona atau tidak.

“Saat ini, kami belum dapat memastikan apakah pasien tersebut terjangkit virus Corona atau tidak hingga kami menerima konfirmasi dari pihak dokter yang merawat, yakni dokter spesialis paru,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jambi, Johansyah akan menyampaikan pernyataan resmi dari pemerintah tentang virus corona besok, Senin (27/1), pukul 09.00 WIB, di Lapangan Kantor Gubernur Jambi.

“Kita akan buat pernyataan resmi dari pemerintah tentang virus corona besok senin, jam 9 pagi usai upacara hari K3 di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, dengan menghadirkan Kepala Dinas kesehatan sekaligus Plt. Dirut RSUD dan Dokter yang menangani Pasien tersebut,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi