Beranda Akses Diskusi Politik Pemuda Tanjab Barat Berlangsung Sukses

Diskusi Politik Pemuda Tanjab Barat Berlangsung Sukses

TANJABBAR, AksesJambi.com – Menjelang perhelatan demokrasi (Pilkada 2020), Kelompok anak muda yang tergabung dalam Manajemen Tungkal Project berhasil garap diskusi terkait politik pemuda dengan tema “Politik Pemuda di Pilkada 2020 Tanjab Barat, Perlukah?”

Acara yang berlangsung live streaming di Rudz Caffee dari pukul 20.30-23.00 WIB itu berjalan santai, dimulai dari pembukaan seremonial hingga closing statement peserta diskusi.

Rudi Candra atau yang lebih akrab disapa Abu mengatakan, bahwa diskusi berjalan sebagaimana mestinya.

“Alhamdulillah, diskusinya aman, damai, santai. Ini menjadi salah satu tanda bahwa pemuda Tanjab Barat sangat santun dalam menyikapi suasana politik,” kata Abu, Minggu (25/10/2020).

Meski sempat beberapa kali meninggikan volume suara dan penekanan intonasi, tapi diskusi tetap bisa dikelola dengan apik oleh M. Tolabul Hilmi selaku moderator.

“Ada tiga sesi pada diskusi tersebut, yang dibuka dengan pandangan umum terkait politik pemuda, lalu tanya jawab, dan tanggapan terhadap komentar masyarakat (dalam bentuk video),” ujarnya.

Dikatakan Abu, peserta diskusi berasal dari perwakilan tim millenial pendukung masing-masing kandidat dan juga utusan OKP. Akan tetapi beberapa peserta yang diundang tidak berkesempatan hadir.

“Peserta yang hadir, berasal dari perwakilan Tim Millenial pendukung kandidat Paslon 01 dan 03, KNPI Tanjab Barat, HMI Tanjab Barat, PMII Tanjab Barat, BEM STAI An-Nadwah dan perwakilan dari KPU Tanjab Barat,” sebutnya.

Terkait perwakilan Tim Millenial Paslon 02 dan beberapa peserta yang di undang tidak hadir, Abu enggan berkomentar banyak.

“Yang jelas, untuk tim millenial pendukung, semuanya telah kami beri undangan dihari yang sama dan OKP juga begitu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Abu mengungkapkan, meski dalam posisi dukungan atau pilihan yang berlainan, keakraban antar millenial pendukung dan OKP terlihat jelas dari awal kedatangan hingga diskusi selesai.

“Semuanyakan kawan, jadi tidak bisa ditutupi kedekatan satu sama lainnya. Terlepas caranya sesuai keinginan masing-masing. Tapi tujuannya untuk membangun daerah,” ucap Abu.

Sebagai Ketua Manajemen Tungkal Project, Abu sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat pada acara diskusi ini.

“Kita teruskan budaya tukar fikiran ini,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa diskusi selanjutnya akan tetap dijalankan sesuai dengan tema yang disepakati oleh tim manajemen.

“Teman-teman di Tungkal Project akan tetap mengupayakan diskusi tetap ada, khususnya untuk kita anak muda,” kata Abu.

Sementara itu, pandangan yang beragam dari peserta menjadi warna tersendiri dalam proses diskusi, dan menjadi lebih menarik dengan argumentasi cerdas dari setiap peserta.

“Pilihan ungkapan-ungkapan yang keren, dan sangat bermakna, menjadi pesan tersendiri untuk kita anak muda ini,” ungkap Penonton yang enggan disebut namanya.

Disisi lain, peserta diskusi juga disuguhkan sesuatu yang indah didengar dari Dedek sebagai pengamen yang memiliki suara emas. Sehingga membuat suasana diskusi semakin cair. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi