Beranda Akses Dampak Karhutla, Kuala Tungkal Diselimuti Kabut Asap

Dampak Karhutla, Kuala Tungkal Diselimuti Kabut Asap

TANJABBAR, AksesJambi.com – Dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah Sumatra masih terasa. Kabut asap mulai menyelimuti Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), khususnya Kota Kuala Tungkal, sejak pukul 11.00 WIB, Minggu (25/08/2019).

Dari pantauan AksesJambi.com di lapangan, kabut asap mengakibatkan jarak pandang berkurang serta beberapa bangunan terlihat samar. Sebagian warga juga mulai menggunakan masker ketika bepergian ke luar rumah.

Salah satu warga Kuala Tungkal, Roy mengatakan, kabut asap mengganggu aktivitasnya di luar rumah. “Saya terpaksa harus memakai masker ketika keluar rumah, agar tidak terkena dampak dari asap,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanjabbar, Suparjo mengatakan, kualitas udara di wilayahnya masih dalam kategori sedang dan berskala 50-100 yang menunjukkan tingkat kualitas udara yang tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia atau hewan.

“Kualitas udara kita lebih diuntungkan dari pada daerah perkotaan, seperti Sengeti dan Kota Jambi. Karena secara geografis kita berada di pinggir laut dengan terpaan angin yang lebih kencang,” katanya saat dihubungi AksesJambi.com, Minggu (25/08/2019).

Selain itu, menurutnya faktor lain yang membuat Tanjabbar lebih di untungkan adalah karena kondisi kendaraan di Wilayah Tanjabbar yang jumlahnya belum banyak. “Karena jumlah kendaraan tentu mempengaruhi kualitas udara juga,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi