Beranda Akses Tanjab Barat Siapkan Embung dan Sumur Bor, 24 Desa Rawan Karhutla

Tanjab Barat Siapkan Embung dan Sumur Bor, 24 Desa Rawan Karhutla

TANJABBAR, AksesJambi.com – Sebanyakb7 (tujuh) Kecamatan dan 24 Desa di Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat masuk dalam wilayah kerawanan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjab Barat, Zulfikri, Kamis (25/02/2021).

Ia menyebutkan bahwa 7 Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kuala Betara, Betara, Bram Itam, Senyerang, Pengabuan, Tebing Tinggi dan Batang Asam. Terhadap upaya ini, pihaknya telah membentuk Satgas Penanggulangan Bencana yang bertujuan untuk saling berkoordinasi.

“Untuk Satgas kita sudah bentuk dan ini tidak hanya pemerintah Kabupaten tetapi juga TNI, Polri, Manggala Agni. Perusahaan juga kita libatkan serta masyarakat,” katanya.

Sementara itu, dikatakan Zulfikri, bahwa terhadap kerawanan tersebut pihaknya sudah menyiapkan embung dan juga sumur bor. Ketersediaan beberapa embung dan sumur bor ini diharapkan dapat menjadi sumber air untuk dilakukannya pemadaman api jika terjadi kebakaran lahan.

“Kita sudah menyiapkan embung dan sumur bor sebagai sumber daya air kita. Jadi sewaktu-waktu kalo ada kebakaran, titik embung dan sumur bor ini yang bisa menjadi sumber air,” ujarnya.

Lebih lanjut, disampaikannya bahwa embung dan sumur bor ini berada di sejumlah tempat yang rawan dan juga disiapkan di sejumlah perbatasan. Setidaknya ada tiga titik di Kecamatan Betara, kemudian ada tiga titik di Kecamatan Merlung.

“Kemudian ada satu itu di Bram Itam, di Renah Mendaluh ada satu, Tungkal Ulu, Tebing dan Tungkal Ilir ada satu, dan ada enam titik embung yang kita siapkan di Kecamatan Batang Asam,” rincinya

Sementara untuk sumur bor ada 13 titik di Kecamatan Betara tepatnya di Desa Muntialo yang dijaga Masyarakat Peduli Api (MPA) sebanyak 15 orang.

Kemudian sebanyak 10 titik terletak di Desa Sungai Terap, juga dijaga MPA 15 orang, dan di Mendala Jaya 2 titik yang dijaga 10 MPA. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi