Beranda Akses 5 ‘Pahlawan Bertopeng’ dari Jambi Jalankan Misi Kemanusiaan ke Kalsel

5 ‘Pahlawan Bertopeng’ dari Jambi Jalankan Misi Kemanusiaan ke Kalsel

JAMBI, AksesNews – Sejak pertengahan Januari 2021, Banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan menenggelamkan setidaknya 9 kota dan kabupaten, yang menyebabkan 21 orang meninggal dunia. Lebih dari 340.000 orang terdampak, di mana 63.000 di antaranya mengungsi.

Kejadian ini menggugah kepedulian masyarakat Jambi. Hingga sejak 22 Januari 2021, bersama puluhan komunitas dan organisasi, tim Generasi Baik menginisiasi aksi Pekan Kolaborasi Galang Donasi Indonesia Darurat Bencana. Aksi ini dilaksanakan selama dua pekan berturut-turut di berbagai wilayah di Provinsi Jambi.

Tidak sampai disitu, 5 orang menggunakan topeng yang mereka sebut “Pahlawan Bertopeng” dari tim Generasi Baik bersama 1 orang relawan PMI berangkat untuk mengantarkan langsung bantuan ke Kalimantan Selatan. Sebagai satu-satunya perwakilan dari Jambi, keberangkatan para relawan terlatih ini dilepas langsung oleh Dinas Sosial Kota Jambi pada 9 Februari 2021.

Saat ditemui awak media setelah tiba di Jambi, Relawan Generasi Baik yang tidak ingin disebutkan namanya menceritakan pengalaman sepekan di lokasi bencana.

“Tim Generasi Baik berkolaborasi dengan PMI setempat memberikan layanan kesehatan, menyalurkan bahan pangan, obat-obatan, dan bantuan tunai langsung ke posko-posko pengungsian yang tersebar di 4 Desa di berbagai wilayah di Kalimantan Selatan, di antaranya posko pengungsian di Desa Cerbon, Desa Bakumpai, Desa Abumbun Jaya, dan Desa Pembantanan” ujarnya, Kamis (25/02/2021).

Kepala Desa Abumbun Jaya, Misransyah, mengapresiasi positif dan menyambut baik kedatangan tim Generasi Baik di posko pengungsian.

“Sebuah kehormatan para relawan Jambi bisa datang ke posko kami ini. Saya mewakili Desa Abumbun Jaya sangat berterima kasih tak terhingga kepada masyarakat Jambi atas bantuan dan doanya untuk warga kami yang saat ini tertimpa musibah banjir. Alhamdulillah, bantuan ini sangat berarti bagi kami” ungkapnya.

Relawan Generasi Baik menambahkan, antusias masyarakat Jambi dalam membantu saudara di Kalimantan Selatan sangat tinggi, bahkan saat menjelang kepulangan ke Jambi masih ada donasi yang masuk melalui Generasi Baik. Total donasi yang disalurkan berkisar Rp 115 Juta.

“Alhamdulillah, kami senang masyarakat Jambi sangat antusias membantu saudara kita di Kalsel, bahkan sehari menjelang kita pulang ada yang berdonasi. Total yang kita salurkan kisaran Rp 115 Juta,” paparnya.

Menjelang kepulangan ke Jambi, berlokasi di Basecamp Banjarbaru-Kalimantan Selatan tim Generasi Baik secara simbolis menyerahkan bantuan 1 unit perahu karet sekaligus pengukuhan relawan Generasi Baik Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah, mengingat kebutuhan relawan di sini, kita menyerahkan 1 unit perahu karet. InsyaAllah sangat bermanfaat bagi para relawan dalam aksi penanganan banjir terutama untuk proses evakuasi,” tutupnya. (Rls)

DRadio 104,3 FM Jambi