Beranda Akses SOIna Muaro Jambi Adakan Turnamen Bocce pada Maret 2020 Mendatang

SOIna Muaro Jambi Adakan Turnamen Bocce pada Maret 2020 Mendatang

MUAROJAMBI, AksesNews – Special Olympic Indonesia (SOIna) Muaro Jambi adakan Bocce Tournament pada 21 Maret 2020 mendatang. Bocce Tournament ini akan diselenggarakan di lapangan SLB Muaro Jambi. Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dijalankan Kegiatan Athlete Leadership Programs (ALPs).

“Kegiatan ini untuk memperingati hari Down Syndrome sedunia pada 21 Maret nanti. Kegiatan ini pun di laksanakan oleh atlet-atlet Tunagrahita usia SMA LB,” kata Ketua SOIna Muaro Jambi, Arif Amirul Mukminin, Selasa (25/02/2020).

Tournament ini di buka bagi seluruh anak-anak Down Syndrome di provinsi Jambi, baik dari SOIna Kabupaten Kota maupun perseorangan yang datang langsung. Dalam hal ini, penyelenggara menargetkan 80 orang peserta yang terdiri dari atlet, official, dan tamu undangan.

“Bagi anak yang di luar SOIna kabupaten kota lebih bagus untuk ikut serta, karena datangnya mereka di sini justru akan bertemu dengan komunitasnya sendiri,” sebut Arif.

Bentuk kegiatan ini merupakan olahraga bocce secara beregu yang dikemas dalam bentuk unified sport. Dimana setiap tim terdiri dari anak down syndrome dan anak non down syndrome.

Dalam turnamen bocce ini akan diambil 3 pemenang yaitu juara 1 juara 2 dan juara 3.

“Tim yang dinyatakan menjadi juara akan mendapatkan apresiasi berupa medali piagam dan hadiah. bagi tim yang belum menjadi juara akan diberikan apresiasi berupa piagam,” sebut Arif.

Arif berharap dengan kegiatan ini dapat memfasilitasi anak penyandang disabilitas intelektual khususnya anak down syndrome dalam mengembangkan minat dan bakatnya di bidang olahraga.

“Kepada pemerintah dan masyarakat mari wujudkan kehidupan inklusif dan ramah penyandang disabilitas,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dengan Bocce Tournament dapat hubungi call center +62-852-2636-7306 atau datang langsung ke alamat Jalan Lintas Timur RT 16 Sengeti, Kecamatan Sekernan, Muaro Jambi.

Di ketahui, SOIna, Bocce, Down Syndrome dan ALPs masih cukup asing di telinga masyarakat. Oleh karena itu, ini selayang pandang dari SOIna, Bocce, Down Syndrome dan ALPs.

SOIna
Special Olympic adalah sebuah gerakan global didirikan oleh Eunice Kennedy Shriver pada 1968. karena kekhususannya telah diakui oleh international Olympic committee (IOC) sebagai satu-satunya olimpiade olahraga khusus penyandang disabilitas intelektual di dunia. Sekitar 170 negara telah bergabung dalam gerakan special olympics.

Sementara itu, SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang dapat akreditasi dari pemerintah Indonesia dan Special Olympic International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga disabilitas intelektual di Indonesia. pada 9 Agustus 1989 Indonesia bergabung menjadi anggota Special olympics ke 79.

Down Syndrome
Down Syndrome adalah suatu kelainan genetik yang dibawa sejak lahir terjadi saat masa embrio yang disebabkan kesalahan dalam pembelahan sel yang biasanya menghasilkan 2 salinan kromosom 21, maka pada kelainan down syndrome menghasilkan salinan 3 kromosom 21, sehingga akibatnya bayi memiliki 47 kromosom.

kelainan yang berdampak pada keterbelakangan fisik dan mental Ini pertama kali dikenal pada tahun 1866 oleh Dr Jhon Langdon Down. World health organization (WHO) mang estimasikan terdapat satu kejadian down syndrome per 1000 kelahiran di dunia.

Bocce
Bocce adalah olahraga rekreasi yang dimainkan 2 regu dengan 3 hingga 4 orang anggota. Selain itu olahraga ini bisa dikombinasikan dengan berbagai permainan menarik lainnya. pada permainan bocce ada tiga jenis bola yaitu berukuran kecil, sedang dan besar dengan warna-warni.

Pada permainan Bocce, ada kombinasi antara pemain dan gerak-gerak tubuh yang bermanfaat untuk merangsang saraf dan gerakan motorik tubuh. Bocce bisa melatih motorik tangan dan kaki, mengasah konsentrasi, latihan bersosialisasi dan kerjasama tim. latihan konsentrasi sangat penting bagi anak-anak tunagrahita.

ALPs
ALPs adalah pelatihan kepemimpinan bagi para atlet agar memiliki kesempatan untuk berkiprah aktif menjadi pengurus organisasi, official pertandingan, pendamping pelatihan, relawan, juru bicara dan lain-lain. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi