Beranda Akses Benih Lobster Senilai Rp 13 Miliar Gagal Diselundupkan ke Luar Negeri

Benih Lobster Senilai Rp 13 Miliar Gagal Diselundupkan ke Luar Negeri

JAMBI, AksesNews – Polisi menggerebek sebuah rumah di kawasan Telanai Pura, Kota Jambi yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan 129 ribu lebih benih lobster.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, mengatakan, penggerebekan ini dilakukan tim dari Polairud Polda Jambi. Total yang disimpan mencapai 129.466 atau senilai Rp 13 miliar.

“Benih lobster itu rencananya akan diselundupkan ke luar negeri melalui jalur laut, perairan pantai timur dan barat. Terdiri dua jenis benur yang ditampung di rumah ini, yaitu jenis mutiara dan pasir,” kata Kapolda, Rabu (23/12/2020) kemarin.

Lokasi rumah yang dijadikan tempat penyimpanan itu berada di kompleks Pemda, RT 11, Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi.

Selain benih lobster, polisi juga menemukan beberapa bak penampungam yang dimodifikasi. Dua unit kendaraan juga dijadikan barang bukti.

“Ada empat orang tersangka yang ikut diamankan dalam penggerebekan itu. Kepala gudang, sopir dan pekerja. Di dalam rumah sudah lengkap alat-alatnya,” kata Kapolda Jambi.

Kapolda merincikan, dari 129 ribu lebih benih lobster sebanyak 127 ribu merupakan jenis mutiara dan 2.466 jenis pasir. Dari keterangan pelaku, beberapa negara menjadi tujuan ekspor, di antaranya. Singapura, Malaysia dan Vietnam.

“Jambi hanya jadi tempat persinggahan sebelum diselundupkan. Keberhasilan penggerebekan ini, patut kita apresiasi karena ini sebagai bentuk penyelamatan ekosistem laut di Indonesia,” katanya.

Polisi nantinya akan berkoordinasi dengan BKIPM Jambi untuk pelepasliaran benur ke habitat laut yang berada di Sumatera Barat. Untuk penanganan perkara, polisi akan melakukan penyelidikan dan pengembangan dengan memeriksa para tersangka. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi