Beranda Akses Tingkatkan Keamanan Masyarakat, Seluruh Satpol PP se-Provinsi Jambi Berkumpul

Tingkatkan Keamanan Masyarakat, Seluruh Satpol PP se-Provinsi Jambi Berkumpul

JAMBI, AksesNews – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jambi laksanakan Rapat Koordinasi Teknik Linmas Satpol PP dan Damkar Provinsi Jambi tahun 2018 di Hotel Abadi Suite Jambi, Senin (24/09/2018) malam.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pimpinan Satpol PP dan Damkar Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jambi. Selain itu, rapat tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten III Setda Provinsi Jambi.

Yazirman mengatakan Rakor Teknis Linmas yang diadakan 1 tahun sekali ini lebih baik diadakan 3 bulan sekali. Hal tersebut dikarenakan tugas Linmas yang dulu merupakan tugas Kesbangpol dalam bentuk Hansip dan sekarang menjadi tugas Satpol PP.

“Pertama sifatnya bertambah beban baru, artinya ada dinamika-dinamika di tengah masyarakat yang perlu di pelajari dan dipahami Pol PP. Yang kedua Faktual ditengah masyarakat. Kondisi lapangan dimana masyarakat butuh perlindungan, bukan sekedar perlindungan arti darurat, tetapi perlindungan dalam artian bahwa masyarakat sekarang membutuhkan pelayanan dari pemerintah, sehingga setiap keputusan itu di pahami oleh masyarakat,” jelas Yazirman.

Mengingat pentingnya fungsi Linmas di tengah masyarakat, maka Pemda provinsi Jambi dalam hal ini PolPP provinsi disarankan olehnya untuk mengadakan Rapat Rakor berkala se-Provinsi 3 bulan sekali agar dinamika dilapangan dapat diikuti.

Selain itu, Kasat Pol PP Provinsi Jambi, Edy Kusmiran mengatakan Maksud dan tujuan dari kegiatan rakor linmas ini guna meningkatkan kemampuan dari Satpol PP dan Damkar se-provinsi Jambi. “Kesempatan malam ini dalam rangka untuk menegakan keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat. Sehingga tercipta nya masyarakat yang nyaman di provinsi Jambi,” katanya.

“Dalam rangka untuk antisipasi pemilu 2019 baik pilpres ataupun pileg, Linmas di kabupaten kota merupakan ujung tombak dari informasi-informasi apapun yang terjadi di bawah. Kawan-kawan linmas ini biasanya lebih dulu tahu dari pada kita-kita yang tidak berkecimpung langsung di tengah masyarakat,” lanjutnya.

Menyikapi saran dari Asisten III, Kasat Pol PP Provinsi Jambi menjelaskan bahwa Rakor rutin pertriwulan tetap akan dilaksanakan, tetapi untuk kegiatan yang sekup besar seperti ini memang dilaksanakan satu tahun sekali.
(Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi