Beranda Akses 41 Hektare Tanah Aset Pemprov Jambi Dihibahkan ke KKP

41 Hektare Tanah Aset Pemprov Jambi Dihibahkan ke KKP

JAMBI, AksesNews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi berupaya mendorong peningkatan budidaya ikan air tawar. Salah satu langkah yang dilakukan dalam pengembangan dan peningkatan budidaya ikan air tawar tersebut adalah dengan menghibahkan aset tanah seluas 41 hektare milik Pemprov Jambi.

Hibah aset Pemprov tersebut diberikan kepada Kementerian Kelautan dan Republik Indonesia, yakni kepada Balai Perikanan Budidaya Air Tawar di Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Senin (24/08/2020).

Hibah tersebut dimaksudkan agar Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bisa memaksimalkan pengembangan budidaya ikan air tawar, diantaranya jika membangun atau menambah fasilitas di tempat kerja balai tersebut.

Pj. Sekda Provinsi Jambi, Sudirman mengatakan, keberhasilan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam akan memudahkan bagi Dinas Kelautan dan Perikanan dan masyarakat pembudidaya ikan, yakni dengan transfer pengetahuan dalam budidaya ikan.

Oleh karena itu, Sudirman berharap agar BPBAT Sungai Gelam sukses dalam pengembangan budidaya ikan.

Sementara itu, Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Boyun Handoyo, menyampaikan, dulunya luas lahan budidaya ikan air tawar Sungai Gelam 22,5 Ha diperluas menjadi 41 Ha, merupakan wujud keseriusan dalam pengembangan budidaya ikan air tawar.

Gubernur Jambi dan Dirjen Perikanan Tanda Tangani Perjanjian Hibah Aset

Boyun Handoto mengatakan, tugas pokok Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam merupakan pusat regional Sumatera, dari Aceh hingga Lampung, mengerjakan kerjasama teknis, produksi benih, produksi pakan, baik pakan buatan maupun pakan alami.

“Produk yang dihasilkan, selain ikan budidaya lokal air tawar, juga benih unggul, memproduksi pakan mandiri pakan alami, vaksin dan serum, bioflok (kolam terpal), dengan jumlah pegawai PNS 72 orang dan 53 orang non PNS,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Slamet Soebjakto memberikan bantuan secara simbolis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diserahkan kepada perwakilan penerima, yakni dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, dengan total Rp 3,7 miliar. (Hms)

DRadio 104,3 FM Jambi