Beranda Akses Ratusan KK Warga Tanjab Barat Tersebar di Pasar Kuala Tungkal

Ratusan KK Warga Tanjab Barat Tersebar di Pasar Kuala Tungkal

TANJABBAR, AksesJambi.com – Sebanyak ratusan Kartu Keluarga (KK) yang merupakan lembaran ketiga dan keempat milik masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat tersebar di pedagang yang ada disejumlah pasar di Kuala Tungkal.

Pasar-pasar tersebut, antara lain Pasar Parit II Tanggo Rajo Ilir, Kelurahan Tungkal III, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat.

Ratusan lembaran KK yang ketiga dan keempat ini digunakan oleh pedagang sebagai bungkus dagangan. Sementara itu, di ratusan lembaran KK ketiga dan keempat tersebut masih tampak jelas berisikan identitas dari pemilik KK.

Pantauan di lapak pedagang yang memiliki lembaran KK tersebut, Kamis (23/07/2020) lembaran KK dipergunakan untuk membungkus barang dagangan untuk pembeli, seperti membungkus cabe ataupun bawang.

Tersebarnya ratusan lembaran KK ketiga dan keempat ini, sangat disayangkan oleh sejumlah pihak. Hal ini lantaran dalam lembaran KK ketiga dan keempat masih terdapat identitas pemilik KK, sehingga dikhawatirkan bisa disalahgunakan.

Ini lah yang dikhawatirkan oleh Wawan, warga Kelurahan Patunas. Ia menyebutkan bahwa dengan tersebarnya KK lembaran ketiga dan keempat ini bisa dimungkinkan tidak hanya satu wilayah, bahkan dimungkinkan bisa banyak wilayah.

“Kita sangat sangat menyayangkan. Kenapa arsip seperti ini bisa ada di masyarakat, bisa ada di kalangan penjual. Ini kan tidak benar, identitas masyarakat semua tersebar,” ungkapnya.

Arsip Lembaran KK Tersebar di Pasar, Dukcapil Tanjab Barat Temui Pedagang

Sementara itu, terlihat dari lembaran KK ketiga dan keempat salah satu yang ada di pedagang merupakan KK milik warga Kelurahan Patunas, Kecamatan Tungkal Ilir. Kata Wawan, kemungkinan karena ratusan lembaran KK ada di pedagang bukan tidak mungkin sudah tersebar ke banyak wilayah.

“Ini di tangan pedagang, dibuatnya untuk bungkus cabe atau bawang. Pembelinya orang mana? Tentu banyak dan bisa jadi sudah ke luar wilayah Kuala Tungkal. Kita sangat menyayangkan, dan ini gimana bisa tersebar ke masyarakat yang tidak berkepentingan. Dukcapil, Polisi bahkan kalau bisa usut ini,” pungkasnya.

Tidak hanya di tangan pedagang, terpantau lembaran KK tersebut juga berada di tempat sampah milik pedagang. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi