Beranda Akses MUI, AUI, Ormas dan OKP Jambi Nyatakan Tolak Pembahasan RUU HIP

MUI, AUI, Ormas dan OKP Jambi Nyatakan Tolak Pembahasan RUU HIP

JAMBI, AksesNews – Terkait Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang dibahas di DPR RI menimbulkan konflik di Indonesia. Majlis Ulama Indonesia (MUI) pusat dan MUI se-Indonesia secara lantang menolak RUU HIP ini dengan mengeluarkan Maklumat dengan nomor: Kep-1240/DP.MUI/VI/2020 tertanggal 12 Juni 2020 dengan 8 poin maklumat.

Di Jambi sendiri, MUI Provinsi Jambi bersama Aliansi Umat Islam, Ormas dan OKP juga ikut serta dalam pernyataan sikap untuk menolak pembahasan RUU HIP di DPR RI. Hal ini dituangkan dalam Diskusi Terbatas bersama Ormas yang menolak RUU HIP yang diselenggarakan di Kota Jambi, Selasa (23/06/2020).

Ketua Aliansi Umat Islam Jambi, Rusli Kamal Siregar mengatakan pertemuan tersebut karena RUU HIP mengandung unsur akan tumbuhnya paham Komunis lagi di Indonesia di tambah lagi sila pertama “ketuhanan yang maha esa” perlahan akan di hilangkan.

“Disini, kita bersama sama mengawali dan suara dari provinsi Jambi untuk menolak pembahasan RUU HIP,” katanya.

Ketua MUI Jambi, Hadri hasan mengatakan MUI se Indonesia sangat menolak RUU HIP ini untuk dilanjutkan di bahas di Indonesia. Ditambah lagi, Pancasila itu sudah Final.

“Lahirnya maklumat ini melalui proses hingga MUI pusat dan MUI Se Indonesia mengeluarkan Maklumat ini. Kita MUI sebagai pendamping pemerintah agar dalam menjalankan pemerintahan sesuai dengan UUD dan Pancasila. Untuk RUU HIP ini, kita akan lakukan pernyataan secara terbuka untuk Hentikan Pembahasan RUU HIP agar apa yang diinginkan oleh oknum di balik RUU HIP bisa dibaca oleh masyarakat,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan Ormas dan OKP menyampaikan pandangannya masing-masing dan pada dasarnya sangat menolak pembahasan RUU HIP serta mendesak pemerintah untuk menghukum yang menginisiatorkan RUU HIP karena sudah menimbulkan konflik di Indonesia.

Selain itu, MUI, Ormas dan OKP meminta agar RUU HIP di hapuskan dalam Program Legislasi Nasional DPR RI.

Pada sesi terakhir diskusi yang di selenggarakan ini, seluruh perwakilan Ormas dan OKP menyatakan sikap menolak Pembahasan RUU HIP dengan membacakan pernyataan yang di bacakan oleh ketua Aliansi Umat Islam Jambi, Rusli Kamal Siregar. adapun pernyataan tersebut iyalah:

“Koalisi Anak Negri Provinsi Jambi, dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. kami yang bertanda tangan di bawah ini;
1. Dengan ini menyatakan menuntut DPR RI segera mencabut dan membatalkan RUU HIP tanpa syarat;
2. Mendesak pemerintah Republik Indonesia menolak pengesahan RUU HIP;
3. Meminta DPR RI, DPD RI, MPR RI dan pemerintah RI tidak lagi mengotak-atik Pancasila karena Pancasila dengan lima silanya sudah final sebagai ideologi negeri bangsa Indonesia.” (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi