Beranda Akses Fachrori Sambut Baik Usulan 2 Poros Akses Penghubung Jambi-Bengkulu

Fachrori Sambut Baik Usulan 2 Poros Akses Penghubung Jambi-Bengkulu

JAMBI, AksesNews – Usulan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah tentang penguatan konektivitas Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Jambi, disambut baik oleh Gubernur Jambi, Fachrori Umar dalam pertemuan penguatan konektivitas antar wilayah yang diselenggarakan di VIP Room Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (23/06/2020).

Dalam pertemuan rapat koordinasi kedua gubernur tersebut, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengemukakan pentingnya perkuatan konektivitas (keterhubungan) Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Jambi sebagai provinsi yang bertetangga, yakni dengan mengusulkan pembukaan jalan baru.

Jalan baru tersebut, menguhubungkan Kabupaten Mukomuko di Provinsi Bengkulu dengan Kabupaten Kerinci di Provinsi Jambi, dengan jarak kurang lebih 40 Km, dan pembukaan jalan yang menghubungkan Kabupaten Lebong di Provinsi Bengkulu dengan Kabupaten Merangin di Provinsi Jambi, dengan jarak kurang lebih 35 Km.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi dan Gubernur Bengkulu pun menandatangani pernyataaan bersama untuk meningkatan konektivitas Provinsi Jambi dengan Provinsi Bengkulu.

Fachrori mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan membahas usulan Gubernur Benngkulu kepada instansi terkait, termasuk dengan instansi teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai TNKS, Pemkab Merangin, dan Pemkab Kerinci.

“Pada prinsipnya, Pemprov Jambi menyambut baik usulan program ini,” ujar Fachrori.

Fachrori mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama para Gubernur se-Sumatera yang telah ditandatangani dalam bentuk Piagam Memorandum of Raflesia, pada Forum Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera di Bengkulu pada Tahun 2019.

Serta sebagai Langkah lanjutan dari hasil pertemuan Fubernur se-Sumatera dengan Bappenas pada Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2021 antara Bappenas dengan para Gubernur se-Sumatera tanggal 4 Maret 2020 lalu.

Senada, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga menjelaskan potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu, diantaranya Pelabuhan Pulai Baai (rencana KEK), dan hasil alam dari Bengkulu.

Dirinya menyatakan bahwa pembukaan jalan yang menghubungkan dua kabupaten di Provinsi Bengkulu dengan dua kabupaten di Provinsi Jambi (Mukomuko-Kerinci dan Lebong-Merangin) tentunya ditujukan untuk peningkatan ekonomi kedua belah pihak, untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ada dua poros utama yang kita sepakati, pertama Kabupaten Mukomuko-Kerinci, kedua Kabuapten Lebong-Merangin. Kedua poros ini tidak saja mempersingkat rentang kendali transportasi maupun mobilitas orang yang menghubungkan kedua kabupaten, tetapi lebih pada pengamanan masyarakat jalur evakuasi. (Hms)

DRadio 104,3 FM Jambi