Beranda Akses Dapat Bantuan dari Singapura, Kota Jambi Rencanakan Uji Swab Mandiri

Dapat Bantuan dari Singapura, Kota Jambi Rencanakan Uji Swab Mandiri

JAMBI, AksesNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, akan menerima bantuan pereaksi kimia atau reagen untuk pengujian PCR (Polymerase Chain Reaction) dari negara tetangga yakni Singapura. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, Kamis (23/04/2020).

Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi, kata Fasha, dengan adanya bantuan tersebut, direncanakan bisa melakukan uji swab secara mandiri. Saat ini Pemkot Jambi sedang menjajaki cara untuk dapat melakukan uji swab secara mandiri. Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi akan berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jambi (UNJA)

Kolaborasi dengan Laboratorium Kesehatan UNJA akan dilakukan, karena Dinas Kesehatan Kota Jambi tidak memiliki laboratorium. Saat ini Pemkot Janbi masih melakukan koordinasi dengan pihak UNJA mengenai rencana itu.

“Harapannya ini bisa dilaksanakan. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahui seseorang terinfeksi positif COVID-19 atau tidak,” kata Fasha.

Sementara itu, Rektor UNJA Prof Sutrisno, mengatakan bahwa, terkait rencana kolaborasi ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melalui Sekretaris Daerah dan Pemerintah Kota Jambi, serta instansi terkait lainnya.

“Kontribusi UNJA dalam wacana tes PCR tersebut yakni pada Sumber Daya Manusia (SDM), karena tes ini cukup berbahaya jika tidak dilakukan oleh ahlinya,” kata Prof Sutrisno.

Saat ini, kata Sutrisno, masih dalam tahap koordinasi teknis pelaksanaannya, dan akan dilakukan juga koordinasi terkait pereaksi kimia atau reagen yang akan digunakan dalam tes PCR tersebut. (Shelvy/Bob)

DRadio 104,3 FM Jambi