Beranda Akses Bea Cukai Jambi Amankan Ribuan Benih Lobster Ilegal

Bea Cukai Jambi Amankan Ribuan Benih Lobster Ilegal

JAMBI, AksesNews – Bea Cukai Jambi berhasil mengamankan ribuan benih Lobster ilegal, di Jalan Lintas Jambi-Palembang, pada Senin malam (22/02/2021).

Kepala Bea Cukai Jambi, Ardiyanto, saat dikonfirmasi mengatakan pengamanan tersebut bermula dari adanya laporan yang diperoleh bahwa akan ada pengiriman rokok Ilegal.

“Kita melakukan pemeriksaan mobil dan informasi yang kami duga itu adalah rokok illegal, dilihat dari kemasannya. Namun dalam perjalanan waktu ternyata barang bukti adalah Baby Lobster,” katanya, Selasa (23/02/2021).

Dirinya menjelaskan, pihaknya hanya berhasil mengamankan barang bukti benih Lobster dan kendaraan yang digunakan tersangka, namun untuk para tersangka tidak berhasil diamankan, karena berhasil kabur.

“Sepertinya mereka sudah mengetahui kalau kita sedang mengawasi aktivitasnya, sehingga pengemudinya langsung meninggalkan mobilnya berikut dengan barang bukti yang kita duga rokok ternyata adalah Baby Lobster. Jumlah 53.290 ekor yang berhasil diamankan,” jelas Ardiyanto.

Mendapat tangkapan tersebut, pihak Bea Cukai Jambi langsung berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Pesikanan (BKIPM) Jambi.

Sementara itu, Kepala BKIPM Jambi, Paiman, menjelaskan berdasarkan dari Surat Edaran Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI, bahwa untuk sementara waktu aktivitas ekspor dibekukan sampai batas yang tidak ditentukan.

“Kegiatan aktivitas ekspor sementara waktu dibekukan atau semacam dihentikan sementara sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Itu berdasarkan surat edaran dari Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan,” jelasnya.

Diketahui bahwa nilai dari sebanyak 53.290 ekor benih Lobster tersebut apabila diuangkan bisa mencapai hingga Rp 5,3 Miliar.

“Benih Lobster ini akan dibawa ke Luar Negeri, tujuan akhirnya itu Negara Vietnam. Karena untuk saat ini Vietnam itu telah berhasil membudidayakan secara besar-besaran, dalam hal ini sampai budidaya sampai bisa konsumsi tapi sebelum itu biasanya ke Singapura dari Jambi biasanya keluarnya bisa lewat Tanjung Jabung Barat atau dari Tanjung Jabung Timur,” katanya.

Selanjutnya, upaya yang akan dilakukan terhadap hasil tangkapan ini secepatnya benih Lobster akan segera dilepas liarkan di perairan Sumatra Barat (Sumbar). (Rls)

DRadio 104,3 FM Jambi