Beranda Akses Potensi Wisata Jambi Punya Nilai Jual, Tapi Banyak Wisatawan Belum Tahu

Potensi Wisata Jambi Punya Nilai Jual, Tapi Banyak Wisatawan Belum Tahu

JAMBI, AksesNews – Ketua Umum DPP Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (Genppari), Dede Farhan Aulawi mengatakan bahwa, permasalahan utama dan yang sedang terjadi di dunia pariwisata adalah masalah kebersihan.

“Potensi pariwisata di Indonesia sangat luar biasa. Ada 17.633 pulau, tetapi hanya 1 pulau yang sangat terkenal yaitu Pulau Bali. Kita punya mimpi, suatu waktu paling tidak 1 persen saja yaitu 170 pulau, kita bisa mempromosikan dengan baik. Maka, Indonesia akan makmur,” kata Dede, Kamis (23/01/2020).

Sedangkan, untuk potensi wisata di Provinsi Jambi sendiri memiliki banyak nilai jual. Akan tetapi masih banyak pula yang belum mengetahui potensi tersebut, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

“Kita berharap agar Genppari Jambi dapat bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Jambi menjawab tantangan yang ada, untuk mengidentifikasi potensi wisata di wilayah Provinsi Jambi,” harapnya.

Selain itu, Dede juga berharap agar Genppari dapat mempromosikan pariwisata yang ada di Provinsi Jambi agar dapat lebih dikenal wisatawan, sehingga dapat dieksplor destinasi wisata maupun potensi wisata yang ada di Jambi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Genppari DPW Provinsi Jambi, Astina Devi mengatakan ia akan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi untuk lebih mengenalkan potensi wisata yang ada di Jambi.

Tidak hanya itu, ia juga akan melakukan pendidikan kepada para guide (pemandu wisata), dengan cara merekrut bujang gadis Jambi menjadi duta pariwisata di Provinsi Jambi.

“Selanjutnya kita akan ke masyarakat, melakukan konsolidasi memperkenalkan bagaimana cara menyambut tamu yang minimal akan difokuskan tentang hal kebersihan,” kata Astina Devi, Ketua Genppari DPW Jambi yang baru saja dilantik.

Sementara itu, Plh. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Sri Purnama Syam mengatakan, bahwa Jambi lebih memfokuskan pada pariwisata minat khusus dan beberapa tempat temuan yang nantinya dijadikan Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) baru.

“Kita mempunyai empat taman nasional, potensi di Jambi sendiri lebih memfokuskan pada minat khusus. Jambi sendiri telah kedatangan 10.000 turis asing pada tahun 2019 dan 23.000 untuk angka kedatangan turis wisma,” pungkasnya. (Shelvy)

DRadio 104,3 FM Jambi