Beranda Akses Pandemi, Prodi BK FKIP Unja Motivasi Siswa Belajar Daring

Pandemi, Prodi BK FKIP Unja Motivasi Siswa Belajar Daring

KOTAJAMBI, AksesNews – Mengangkat judul “Psikoedukasi Pemanfaatan Smartphone dalam Upaya Pencegahan Perilaku Phubbing”, Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Jambi, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, di SMP Negeri 8 Kota Jambi.

Di tengah kemajuan teknologi saat ini, terutama dengan hadirnya smartphone, tidak sedikit orang yang bersifat phubbing, di mana seseorang menghabiskan waktunya hanya untuk mengakses internet, dan hanya memiliki sedikit waktu untuk berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan orang lain.

Ditambah lagi pada masa pandemi saat ini, proses pembelajaran dilaksanakan secara daring (online). Dengan kata lain siswa harus belajar sendiri dari rumah dengan memanfaatkan smartphone dan internet. Sehingga, secara tidak langsung hal ini membuat intensitas pemanfaatan smartphone dan internet meningkat untuk siswa.

Kondisi inilah yang melatarbelakangi prodi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Jambi untuk turun langsung melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui psikoedukasi pemanfaatan telepon pintar, di SMP N 8 Kota Jambi.

Dalam kegiatan ini, siswa dijelaskan secara langsung mengenai pengertian, manfaat, kiat-kiat tentang pemanfaatan smartphone dan bahaya penggunaannya secara berlebihan, serta dampak negatif dari perilaku phubbing yang sangat merugikan.

Tidak hanya itu, para siswa juga diperkenalkan dengan aplikasi game smartphone yang berisikan materi-materi pembelajaran.

Drs. Nelyahardi, M.Pd. dan Hera Wahyuni, S.Pd., M.Pd yang merupakan motor dari kegiatan ini berharap, melalui layanan ini siswa dapat mengetahui bahaya dari penggunaan smartphone yang berlebihan, serta dampak negatifnya yaitu perilaku phubbing.

Melalui layanan ini, siswa dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini dengan cara belajar membuat kuis melalui smartphone yang berhubungan dengan materi pelajaran serta meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar secara online di masa pandemi Covid-19 saat ini. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi