Beranda Akses Api dari Sumur Minyak Ilegal di Batanghari Masih Berkobar

Api dari Sumur Minyak Ilegal di Batanghari Masih Berkobar

Jambi, AksesNews – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dipicu ledakan sumur minyak ilegal di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi, masih menyisakan api yang tinggi.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batanghari, Samral menyampaikan masih ada api di lokasi sumur ilegal yang dimaksud. Sore tadi ketinggian api mencapai 15 meter. Tetapi, tidak menyebar ke hutan lagi.

Satgas penanganan karhutla masih berupaya mengantisipasi penyebaran api dengan mendirikan posko.

“Kita dirikan posko di situ untuk mengantisipasi meluasnya dampak kebakaran hutan dari aktivitas tingginya api itu. Juga angan sampai merembet,” tuturnya, Rabu (22/9).

Ia tidak bisa memperkirakan kapan api di sumur minyak itu sepenuhnya padam. Apalagi petugas pemadam menghadapi kesulitan sejak pemadaman yang berlangsung dari hari Sabtu, (18/9).

“Karena ada semburan gas dan minyak, kita tidak bisa memperkirakan itu. Dalam penanganannya kita menunggu pergerakan yang strategis. Tampaknya air tidak berdampak (untuk memadamkan),” jelasnya.

Sebagai kilas balik, kebakaran ini disebabkan adanya ledakan di sumur illegal drilling atau pengeboran minyak secara ilegal. Ada sekitar 2 hektare lahan sekitar area konsesi PT AAS.

Dari insiden ini, ada satu oknum polisi berinisial DR yang ditetapkan sebagai tersangka. Lalu ada terduga pelaku berinisial HS yang mengalami luka bakar 80 persen, dan dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara.

(Sob)

 

DRadio 104,3 FM Jambi