Beranda Akses Di Tanjab Barat, 64 Ribu Lebih Pemilih Tak Memenuhi Syarat

Di Tanjab Barat, 64 Ribu Lebih Pemilih Tak Memenuhi Syarat

TANJABBAR, AksesJambi.com – Jumlah Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) di Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat sebanyak 64.688 orang.

Hal ini diungkapkan oleh Bagian Divisi Program dan Data Komisi Pemilihan Umum, Hadziq di KPU Kabupaten Tanjab Barat, Selasa (22/09/2020).

Lebih lanjut, dijelaskan oleh Hadziq bahwa TMS ini memiliki beberapa kategori. Satu diantaranya dijelaskan oleh Hadziq berkaitan dengan tempat tinggal pemilih yang berbeda dengan A-KWK.

“Misalnya ada orang tinggal di lingkungan RT. 10, ternyata di A-KWK tinggalnya di RT. 09. Maka di RT. 09 di TMS dulu, kemudian di pindahkan ke RT. 10 jadi pemilih baru. Hal -hal semacam itu, makanya terkesan banyak,” katanya.

Sementara itu, kata Hadzi, bahwa awalnya pihak KPU melakukan pemetaan TPS di Tanjab Barat. Adapun secara logika awal, kata Hadziq melakukan penggabungan dua RT menjadi satu TPS.

“Awalnya kita pikir RT. 10 di gabungkan dengan RT. 11, di lapangan ternyata tidak seperti itu. Ada yang RT. 10 lebih deket dengan RT. 05. Itu yang membuat sekian orang di TMS kan dulu dipindahkan ke tempat dia yang lebih dekat,”terangnya

“Jadi yang TMS ini kalau kita sebutkan banyak, tapi tidak semuanya ini hilang,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi