Beranda Akses Gugus Tugas Sayangkan Kerumunan Massa saat Penyaluran Bantuan di Batanghari

Gugus Tugas Sayangkan Kerumunan Massa saat Penyaluran Bantuan di Batanghari

BATANGHARI, AksesJambi.com – Dalam kurun waktu satu minggu terakhir, terpantau di beberapa titik central menjadi pusat keramaian, seperti di kawasan Perbankan, Pasar, Swalayan dan juga Kantor Pos.

Terkait banyaknya massa yang berkumpul tanpa menerapkan social distancing, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, dr. Elfi Yenni MARS angkat bicara.

Selaku Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Batanghari, ia sangat menyayangkan situasi tersebut. Sebab dengan berkumpulnya masyarakat tanpa menerapkan social distancing dan memikirkan keselamatan diri tentunya sangat beresiko terhadap penyebaran virus Corona.

Foto: Istimewa

“Sulit untuk mengatur jarak, bahkan mereka bisa berkontak fisik. Ditambah lagi jika banyak yang tidak memakai masker,” ujarnya saat dikonfirmasi AksesJambi.com melalui via WhatsApp, Kamis (21/05/2020).

Seperti halnya yang terjadi di kantor pos saat ini, dalam situasi penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST). Dirinya berharap pihak penyelenggara dapat mengatur kembali teknis penyerahan bantuan tersebut, sehingga dapat menghindari penumpukan massa.

“Kita juga berkoordinasi dengan anggota gugus tugas dan juga aparat keamanan, dan mereka juga sudah melakukan penjagaan di beberapa tempat. Dan kita meminta pihak penyelenggara untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” jelasnya.

Selain itu, untuk dikawasan pusat perbelanjaan, Elfi mengatakan, Bupati Batanghari juga sudah memerintah Dinas Koperindag untuk mengatur jarak para pedagang.

“Dan beberapa waktu lalu, kita juga sudah melakukan penyemprotan di kawasan pasar dan pusat-pusat perbelanjaan. Kita juga mengerti saat ini sudah mendekati lebaran, sehingga banyak masyarakat yang keluar rumah untuk belanja,” katanya.

Selaku Jubir Gugus Tugas, dr. Elfi mengimbau agar masyarakat dapat mematuhi anjuran pemerintah, mulai dari menjaga jarak, cuci tangan, memakai masker saat keluar rumah dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Mari bersama-sama kita memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Batanghari, sehingga wabah ini cepat berakhir.

Berdasarkan pantauan AksesJambi.com, saat ini terjadi penumpukan massa di Kantor Pos yang berlokasi di Kabupaten Batanghari, terlihat Warga berdesakan untuk antre pengambilan uang tunai. Bahkan ada yang membawa balita masuk dalam antrean tanpa menjaga jarak dan tidak menggunakan masker. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi