Beranda Akses Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemdes Sengkati Kecil Bagikan Masker

Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemdes Sengkati Kecil Bagikan Masker

BATANGHARI, AksesJambi.com – Sebagai wujud keseriusan dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Desa Sengkati Kecil, Kecamatan Mersam membagikan ribuan masker untuk masyarakat desa.

Melalui pergeseran dari Dana Desa yang di Alokasikan untuk biaya penanggulan bencana non alam ( Covid-19), Pemerintah Desa Sengkati kecil Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari telah menyiapkan 3.200 lembar masker untuk dibagikan kepada seluruh warga desa.

“Pembagian masker ini akan kita laksanakan menjadi 2 tahap, untuk tahap pertama ini akan kita bagikan sebanyak 1510 lembar masker kepada seluruh warga di desa mulai dari usia 5 tahun ke atas, untuk pembagian tahap kedua sebanyak 1510 lembar masker lagi akan kita bagikan di bulan berikutnya, selebihnya akan kita berikan kepada warga yang belum terdata atau warga yang baru pindahan ke desa,” ucap Aprieldi, S.Kep selaku Penjabat Kades Sengkati Kecil.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan pencegahan penyebaran wabah penyakit yang sangat berbahaya yang telah melanda hampir di seluruh kawasan Indonesia bahkan dunia. Senin (20/04/2020).

“Sebelum kegiatan pembagian masker ini, kita juga telah melaksanakan sebanyak dua kali penyemprotan cairan Desinfektan di sepanjang jalan desa dan di tempat fasilitas umum di desa,” sambungnya.

Selaku Penjabat Kades Desa, Apriyeldi juga menghimbau kepada seluruh warga yang mendapatkan masker agar dapat membiasakan memakai masker agar terhindar dari wabah penyakit Covid-19 yang sangat meresahkan seperti sekarang ini.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kewaspadaan para warga desa atas wabah penyakit yang sangat berbahaya dan dapat memutus penyebaran wabah penyakit tersebut,” harapnya.

Selain itu Penjabat Kades juga menjelaskan alokasi dana untuk penanggulangan wabah penyakit Covid-19 yang di ambil dari pergeseran dana Desa menjadi dua bagian, yaitu biaya penanggulangan Covid-19 dan biaya bantuan langsung tunai (BLT).

“Kalau soal total anggaran yang di alihkan dari dana desa ke biaya penanggulangan Covid-19 terbagi menjadi dua yaitu biaya penanggulan tim relawan dianggarkan sebanyak 47 jt selama 3 bulan, sedangkan untuk BLT yang akan kita salurkan kepada warga desa sebanyak 90 KK dengan besaran 600 ribu perbulan selama 3 bulan, diluar dari warga yang telah menerima bantu dari pemerintah daerah,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Rt 10 Desa Sengkati Kecil, Samsu Ali mengatakan kegiatan seperti ini adalah salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Desa kepada warga agar terhindar dari virus corona.

“Alhamdulillah dengan adanya pembagian masker kain gratis dari pemerintah desa ini para warga khususnya warga yang saya pimpin sangat antusias dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 ini,”papar Ali.

“Kami berharap semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT dan di jauhkan dari penyakit yang sangat berbahaya tersebut,” tandasnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi