Beranda Akses 1 Hektare Lahan di Kuburan Cino Hangus Terbakar

1 Hektare Lahan di Kuburan Cino Hangus Terbakar

KOTAJAMBI, AksesNews – Komplek pemakaman orang Tionghoa atau biasa disebut Kuburan Cino yang terletak di Kelurahan Rawasari, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, dilahap sijago merah, Minggu (21/02/2021).

Camat Alam Barajo, Jauharul Ihsan mengatakan bahwa ia mendapatkan kabar bahwa terjadi kebakaran di komplek pemakaman Tionghoa ini sekitar pukul 19.30 WIB. Setelah mendapat kabar itu, ia langsung berkoordinasi dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jambi.

“Alhamdulillah respon mereka cepat, sehingga api sekarang dapat dipadamkan,” ujarnya, Minggu malam (21/02/2021).

Sementara itu Kasi Ops Damkar Kota Jambi, Darmawi menyampaikan bahwa proses pemadaman ini telah menghabiskan air sebanyak 16 ribu liter. Ia memperkirakan si jago merah telah melahap hingga 1 hektare lahan belukar di kawasan pemakaman tersebut.

“Kita menggunakan air sampai 16 ribu liter. Perkiraan ada sampai 1 hektare. Ini banyak semak belukar,”

Belum diketahui apa yang menjadi penyebab dari kebakaran tersebut. Namun, Darmawi mengatakan bahwa investigasi akan berlangsung di kompleks pemakaman pada Senin (21/02/2021) besok.

“Penyebabnya belum diketahui. Besok akan investigasi. Pengelola pemakaman bertanggung jawab,” kata Darmawi.

Untuk diketahui, proses pemadaman di lapangan berlangsung selama sekitar kurang lebih satu jam. Sebanyak 2 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api.

Tidak ada kendala yang serius, tetapi petugas pemadaman harus memanjat tembok pagar untuk memadamkan api. Selain itu, mereka harus membawa Headlamp, karena kawasan pemakaman tersebut minim penerangan. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi