Aktivitas Pelabuhan di Kuala Tungkal Masih Sepi Jelang Natal dan Tahun Baru

JAMBI, AksesNews – Jelang natal dan tahun baru hingga hari ini, Minggu (20/11/2020), sejumlah penumpang di Pelabuhan LLASDP Kuala Tungkal dan Pelabuhan H. Abas terpantau dalam kondisi lenggang. Penumpang yang datang, maupun pergi terpantau tidak terlalu banyak.

Andi Kusmanto, Penanggung Jawab Pelabuhan LLASDP mengakui bahwa, saat ini tidak ada lonjakan penumpang. Rata-rata per hari penumpang yang datang maupun berangkat dari dan akan ke Pelabuhan LLASDP Kuala Tungkal sekitar 50 sampai 60 orang.

Sementara itu, terkait dengan kemungkinan lonjakan penumpang jelang natal dan tahun baru ini, Andi belum bisa memastikan apakah akan ramai atau tidak. Namun, jika berkaca pada tahun 2019 silam, lonjakan penumpang terjadi sekitar tanggal 21 hingga 30 Desember.

“Kalau dilihat tahun lalu itu tanggal 21 sampai 30 baru ada lonjakan penumpang. Tapi, kalau tahun ini tidak bisa juga kita prediksi seperti apa, karena kondisi juga pandemi Covid,” ungkapnya.

Kembali jika melihat pada tahun lalu, ditanggal tersebut jumlah penumpang yang berangkat dari pelabuhan LLASD bisa sampai 300 penumpang. Adapun tujuan penumpang berangkat yaitu ke Tembilahan, Riau, dan Batam.

“Kalau untuk natal dan tahun baru juga kita tidak bisa prediksi, karena kita lihat saja kalau kita lihat di Lebaran kemarin itu sangat sedikit,” ucapnya.

Sementara itu, soal upaya pengamanan protokol kesehatan, disebutkan oleh Andi bahwa pihaknya tetap melakukan pengecekan untuk penumpang yang datang maupun berangkat. Ada satu posko yang memang telah didirikan sejak adanya pendemi di Tanjab Barat.

“Posko sampai sekarang masih stand by. Kebijakan masih tetap berlaku, setiap masuk dan keluar laksanakan protokol kesehatan, wajib gunakan masker, kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh,” pungkasnya. (Dika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here