Beranda Akses Buntut Kaburnya Tahanan, 10 Personel Polres Batanghari Diperiksa

Buntut Kaburnya Tahanan, 10 Personel Polres Batanghari Diperiksa

BATANGHARI, AksesJambi.com Akibat kaburnya 24 tahanan dari Lapas Khusus Anak (LPKA) Kelas II Muara Bulian, pada Senin (15/11), Propam Polda Jambi pun memeriksa 10 personel Polres Batanghari.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto. Dikatakannya, sampai saat ini proses pemeriksaan 10 personel tersebut sedang berlangsung.

“Sampai saat ini proses investigasi oleh Bid Propam Polda Jambi masih berlangsung,” singkat Mulia, katanya kepada awak media, Jumat (19/11/2021).

Ia pun mengatakan sebanyak 12 tahanan yang berhasil ditangkap lagi telah ditahan di rumah tahanan (Rutan) Mapolda Jambi.

Di antara belasan tahanan itu, 5 ditangkap oleh tim gabungan Polda Jambi dan Polres Batanghari. Sementara 7 tahanan diserahkan oleh pihak keluarganya.

“Awalnya kan 24 tahanan kabur, 1 orang langsung menyerahkan diri setelah kabur, dan yang menjadi atensi kita itu 23 tahanan,” sambung Mulia.

Sebagai kilas balik, Polres Batanghari meminjam ruangan di LPKA Kelas II Muara Bulian untuk menahan 24 orang, lantaran Mapolres Batanghari sedang dalam renovasi. Untuk pengawasannya, dilakukan oleh Polres Batanghari.

Namun, 24 tahanan itu berhasil keluar dengan melewati pagar tembok. Ketika pihak LPKA Kelas II Muara Bulian memeriksa gedung penahan itu, polisi yang mengawasi juga tidak ada.

Kepala Polda Jambi, Irjen Pol A Rachmat Wibowo, mengatakan kaburnya para tahanan akibat dari kelalaian polisi yang menjaga dan mengawasi.

“Diduga kelalaian personel yang sedang diperiksa Bid Propam Polda Jambi,” ujarnya, Senin (15/11/2021). (ANI/*)

DRadio 104,3 FM Jambi