Beranda Akses Kabar Baik: Kota Jambi Kini Sudah Bisa Uji Swab Sendiri

Kabar Baik: Kota Jambi Kini Sudah Bisa Uji Swab Sendiri

KOTAJAMBI, AksesNews – Harapan Kota Jambi untuk bisa melakukan uji swab secara mandiri akhirnya terwujud, hal ini diungkapkan Wali Kota Jambi Syarif Fasha, di Aula Griya Mayang, Rumah Dinas Wali Kota Jambi, Selasa (19/05/2020).

“Alhamdulillah, dengan adanya bantuan RNA Exraction Kits (alat tes Covid-19) yang mampu melayani sebanyak 10.368 kali tes, harapan kita secepatnya bisa segera digunakan,” kata Syarif Fasha yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Jambi.

Untuk hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi telah menyiapkan laboratorium khusus di RSUD H. Abdul Manap, untuk melayani pengambilan Swab dan uji sampel, hingga pemeriksaan sampel.

“”Di Jambi, untuk pemeriksaan uji Swab dilaksanakan dan di proses oleh laboratorium di luar Provinsi Jambi, yang akan memotong waktu tunggu untuk hasil yang sering memakan waktu selama 14 hari,” kata Fasha.

Seiring meningkatnya penyebaran virus Corona, pemerintah perlu memiliki hasil tes dengan cepat untuk merawat pasien dengan benar. Dengan adanya bantuan ini, akan memutus waktu pemeriksaan dan akan dapat membantu daerah lain di Jambi untuk pemeriksaan tes Swab secara cepat.

Selain itu, ada juga bantuan 50 unit Mirxes Fortitude Kit, sangat cukup untuk mengakomodir kebutuhan test Swab secara mandiri di Kota Jambi, maupun daerah lain di Provinsi Jambi dalam waktu singkat dan kuantitas yang banyak.

Bantuan tersebut merupakan kado istimewa dihari jadi Kota Jambi ke-74, dari Pemerintah Singapura. Pemerintah Kota Jambi menjadi satu-satunya pemerintah kota di Indonesia yang mendapat sejumlah bantuan dari negara serumpun melayu tersebut.

Selain Kota Jambi, daerah yang mendapat bantuan tersebut adalah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Dengan demikian, satu-satunya pemerintah daerah setingkat kota yang mendapat bantuan tersebut adalah Kota Jambi.

Kota Jambi mendapatkan bantuan dari Pemerintah Singapura berupa 2000 liter konsentrat hand sanitizer, container, RNA Exraction Kits (alat tes Covid-19) yang mampu melayani sebanyak 10.368 kali tes, dan 50 unit Mirxes Fortitude Kit.

Bantuan bernilai SGD 125.258 tersebut, memang ditujukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Kota Jambi dan Provinsi Jambi pada umumnya. (Bjs)