Beranda Akses Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada Tanjab Barat, KPU: Jumlahnya Bertambah

Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada Tanjab Barat, KPU: Jumlahnya Bertambah

TANJABBAR, AksesJambi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, Jambi akan memutakhirkan data 227.130 pemilih yang ada di Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) untuk kepentingan Pilkada 2020 yang nantinya akan dijadikan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Tugas pemutakhiran data melalui pencocokan dan penelitian (Coklit) akan dilaksanakan oleh 670 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang telah dibentuk dengan cara mendatangi langsung rumah penduduk,” kata Ketua KPU Tanjab Barat, Hairuddin, Sabtu (18/07/2020).

PPDP katanya, mencocokkan dan meneliti 227.130 daftar pemilih di Pilkada serentak mulai hari ini sampai dengan 13 Agustus 2020.

Dia menyebutkan, jumlah pemilih Tanjung Jabung (Tanjab) Barat saat ini bertambah dibandingkan dengan Pemilihan legislatif dan Pilpres 2019.

Pada pileg dan pilpres 2019 katanya, jumlah DPT Tanjab Barat hanya 214.273 pemilih sedangkan untuk Pilkada 2020 menjadi 227.130 pemilih dan bertambah sebanyak 12.857 orang.

Saat melakukan coklit katanya, seluruh PPDP menggunakan alat pelindung diri seperti pelindung wajah, masker dan sarung tangan.

Selain itu katanya, masyarakat juga bisa mengecek datanya secara daring apakah sudah masuk DPT atau belum melalui lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Dia berharap, masyarakat berpartisipasi aktif dan memberikan data yang lengkap saat petugas melakukan coklit supaya daya dihimpun lebih valid.

Untuk hari pertama PPDP mendatangi rumah para tokoh di Tanjabbar seperti Bupati, pimpinan DPRD dan tokoh masyarakat.

“Hari ini sudah kita datangi Bupati Tanjabbar, Pimpinan DPRD, Ketua MUI, Ketua PC NU, Ketua Yayasan Budi Luhur, kita dampingi PPDP,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi