Beranda Akses Keputusan di Tangan Presiden, Benarkah Sudirman Kandidat Kuat Sekda Jambi?

Keputusan di Tangan Presiden, Benarkah Sudirman Kandidat Kuat Sekda Jambi?

Gubernur Jambi Fachrori Umar bersama Pj. Sekda Provinsi Jambi Sudirman beserta Istri.
Gubernur Jambi Fachrori Umar bersama Pj. Sekda Provinsi Jambi Sudirman beserta Istri.

JAMBI, AksesNews – Dalam seleksi untuk Sekda Defenitif Provinsi Jambi, telah dikeluarkan 3 nama kandidat berdasarkan penilaian akhir panitia seleksi (pansel) nomor 1559/BAP/PANSEL JPT.MADYA/BKD-3.2/VII/2020 tanggal 17 Juli 2020, yakni Sudirman (pj.Sekda), Agus Sunaryo (Asisten Bidang Perekonomian) dan Sri Agustini (Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan).

Dari 3 orang calon ini, tentunya memiliki keunggulan masing-masing, namun yang paling disorot publik banyak ke arah Sudirman lantaran saat ini menjabat sebagai Pj Sekda Provinsi Jambi.

Hampir 2 tahun sebagai Pj Sekda Jambi mendampingi Gubernur Jambi, Fachrori Umar yang tidak memiliki Wakil, tentunya Sudirman semaksimal mungkin melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memenuhi kinerja Gubernur.

“Kesetiaannya total mendukung kinerja Pak Gubernur,” jelas Ketua Ikatan Alumni Lemhannas Provinsi Jambi, Mursyid Sonsang.

Dilihat dari sisi kepangkatan, Sudirman saat ini sudah mencapai golongan IV/D. Dari pangkat seperti itu, tentunya pengalaman di birokrasi juga tidak bisa di pandang sebelah mata, sebab Sudirman pernah jadi Kepala Biro Hukum Setda Pemprov Jambi, lalu Sekda Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Asisten Administrasi Umum Setda Pemprov Jambi dan menjadi Penjabat Sekda.

Di bidang pendidikan dan latihan kepemimpinan pernah mengikuti Diklat PIM II dan Suscadoswir Angkatan XXXVI Lemhannas RI, dan pendidikan singkat lainnya. Pengalaman ke luar penugasan di Thailand dan Amerika Serikat.

Kepiawaiannya dalam berorganisasi di luar pemerintahan cukup melambungkan Jambi di tingkat internasional. Sebagai Ketua Pramuka Provinsi Jambi diundang bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar mengikuti The 24th World Scout Jamboree Summits Bechtel Reserve West Virginia, USA.

Alih-alih di saat Pendemi Covid-19 yang melanda dunia, Sudirman yang selaku PJ Sekda bersama tim dan masyarakat berupaya keras agar Provinsi Jambi menjadi provinsi di Indonesia terendah angka kematian akibat Corona. Tak hanya itu, dalam lomba inovasi new normal, Jambi dapat penghargaan dari Ketua Gugus Tugas Covid 19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

3 nama yang keluar dari hasil pansel yang diketuai Prof Sukamto Satoto ini sudah dilaporkan ke Gubernur Jambi.

“Sudah dilaporkan ke Pak Gubernur. Nanti gubernur akan laporkan hasil ini ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi,” ujar Kepala Biro Humas Provinsi Jambi, Johansyah yang dihubungi Jum’at (17/07/2020) malam.

Johansyah menjelaskan, setelah rekomendasi KASN turun, Gubernur Jambi akan menyampaikan hasilnya ke Presiden Republik Indonesia melalui Sekretaris Kabinet.

“Kita tunggu saja penilaian Presiden untuk pemilihan sekda definitif ini. Seskab akan membentuk tim untuk menentukan sekda terpilih,” pungkas Johansyah. (*)

DRadio 104,3 FM Jambi