Beranda Akses Belajar Daring Selalu Dibicarakan, Pelajar di Desa Tanjung Paku Kesulitan Akses Internet

Belajar Daring Selalu Dibicarakan, Pelajar di Desa Tanjung Paku Kesulitan Akses Internet

TANJABBAR, AksesNews – Sejak Pandemi Viruscorona Disease 2019 (Covid-19) muncul, Pemerintah memutuskan kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk sementara ditiadakan dan diganti dengan belajar di rumah melalui daring (online).

Tetapi sayangnya, tidak semua Pelajar mampu mengikuti kegiatan belajar secara daring ini dirumah mereka masing-masing. Seperti Pelajar yang berdomisili di Desa Tanjung Paku, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, yang tidak memiliki jaringan internet memadai.

Karena keterbatasan jaringan Internet, Pelajar SMP dan SMA di Desa setempat, terpaksa naik ke atas Bukit agar dapat jaringan Internet memadai untuk mengerjakan soal ujian.

Arumi salah seorang warga Desa Tanjung Paku mengaku perihatin melihat anak-anak di Desanya yang harus naik ke atas Bukit, untuk mengerjakan soal ujian.

“Kalau di Rumah nelpon bisa itupun sinyalnya lemah. Tapi kalau ujian anak-anak harus ke atas Bukit baru bisa. Karena disitu yang bagus sinyalnya,” ungkap Arumi via Ponsel, Rabu (17/06/2020).

Selain harus ke atas Bukit kata Arumi, Pelajar di Desa Tanjung Paku ini ada juga yang rela menempuh perjalanan 5 kilometer ke Merlung ketempat teman-teman mereka untuk menyelesaikan soal ujian.

“Mereka itu ada pelajar SMP, ada juga pelajar SMA yang kalau tidak salah tengah ujian kenaikan kelas,” sebutnya.

Sehubungan dengan itu pula, Arumi mewakili orang tua murid di Desa Tanjung Paku berharap, baik itu kepada Pemerintah Tanjab Barat atau pun pihak berkompeten lainnya, bisa mengupayakan jaringan internet memadai khususnya di Desa Tanjung Paku, Kecamatan Merlung.

“Kasihan anak-anak Pak. Terkadang hujan gerimis pun mereka naik ke atas Bukit,” tutur Arumi.

Terpisah, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjab Barat Triyono, saat akan dikonfirmasi terkait kendala pelajar khususnya Pelajar SMP di Desa Tanjung Paku yang tidak memiliki internet memadai untuk menyelesaikan soal ujian, ponsel Kabid Dikdas bernada tidak aktif. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi