Beranda Akses Sepenggal Kisah Pemuda Jepara Meraih Mimpinya Mendaki Gunung Kerinci

Sepenggal Kisah Pemuda Jepara Meraih Mimpinya Mendaki Gunung Kerinci

JAMBI, AksesNews – Beralaskan sandal jepit dan menggendong tas ransel yang berisi perlengkapan seadanya, Abu Syamsudin penuh semangat berjalan kaki dari Kota Jepara, Jawa Tengah ke Kerinci, Provinsi Jambi untuk menuntaskan misinya mendaki 28 gunung yang ada di Indonesia.

Dimulai dari kampung halamannya, Purwogondo, Jepara, Jawa Tengah, ada beberapa kota yang telah dilalui pemuda kelahiran 25 Juli 1991 ini ingin mendaki Gunung Kerinci, Jambi sebagai gunung ke 28 yang ditaklukannya diusianya yang saat ini menginjak 28 tahun.

Sepanjang perjalanannya dari Jepara ke Kerinci, Abu Syamsudin sudah menaklukan sebanyak 9 gunung. Gunung Kerinci yang ia tuju kali ini, merupakan gunung ke 10 sekaligus gunung ke 28 yang ia daki selama ini.

Selama aktif dipendakian, Abu Syamsudin mengaku sudah menaklukan 27 gunung termasuk selama perjalanannya dari Jepara ke Kerinci. Hal itu ia lakukan sendiri karena keinginannnya yang diusianya 28 tahun ini ingin mendaki 28 gunung di Indonesia.

“Sudah 27 gunung, selama perjalanan saya menginap di Masjid, SPBU, Bangunan Kosong, Padang Rumput Ilalang hingga pernah tidur di samping kiri-kanannya keranda mayat di Kuburan,” kata Abu Syamsudin di Chanel YouTube Penjelajah Kerinci yang di Publis tanggal 17 Maret 2020.

Diakuinya juga, selama perjalanan ia pernah jatuh sakit dan harus beristirahat. Untuk makannya sendiri, kata Abu Syamsudin ia masak sendiri dan membeli beras di pasar-pasar tradisional daerah yang ia singgahi.

Kisahnya itu viral, setelah akun Facebook bernama Yarti Gun Slwase mengungguh beberapa foto Abu Syamsudin pada tanggal 13 Maret 2020. Namun, diakui Abu Syamsudin ia tak mengetahui bahwa dirinya telah viral di kalangan masyarakat Jambi.

Pejalan kaki asal Jepara ini viral saat ia sampai ke Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi. Sejumlah masyarakat membantu Abu Syamsudin dan memberikan tumpangan dalam perjalanannya ke Kerinci, Jambi.

Begitu sampai kaki di Kerinci, rupanya telah banyak komunitas pendakian yang menyambutnya. Abu Syamsudin disambut hanyat, dan difasilitasi penginapan hingga ditemani mewujudkan keinginannnya mendaki Puncak Sumatera, Gunung Kerinci, ketinggian 3.805 mdpl itu.

Kini, Abu Syamsudin telah menuntaskan misinya. Tampak bahagia dan haru saat ia menginjakkan kaki di Puncak Gunung Kerinci. Moment tersebut, diabadikan dan dipublis sejumlah akun media sosial instagram dan youtube komunitas di Kerinci, Jambi.

Adirozal Beri Penghargaan Pemuda Jepara yang Viral Jalan Kaki ke Kerinci

Selain itu, Abu Syamsudin juga diundang ke Rumah Dinas Bupati untuk makan bersama Bupati Kerinci Adirozal sekaligus menyerahkan penghargaan kepada Abu Syamsudin yang rela berjalan kaki dari Jepara untuk mendaki Gunung Kerinci. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi