Beranda Akses BKKBN Bersama DPR RI Sosialisasikan Program Bangga Kencana

BKKBN Bersama DPR RI Sosialisasikan Program Bangga Kencana

JAMBI, AksesJambi – Guna mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, pemerintah pun melaksanakan program Bangga Kencana. Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tersebut di, juga dihadiri oleh anggota DPR RI, Saniatul Lativa. Kegiatan ini digelar di dua Desa yakni Desa Muaro Niro dan Desa Muara Tabun, Kabupaten Tebo, Minggu (17/10/2021).

Kepala BKKBN Jambi Munawar Ibrahim, S.Kp, MPH berharap, target BKKBN dalam mengendalikan penduduk dan meningkatkan kualitas dapat tercapai. Dikatakannya, melalui program ini, salah satunya menekan laju pertumbuhan penduduk, sehingga menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan juga dapat menstabilkan perekonomian daerah dengan kesesuaian jumlah penduduk.

“Pengendalian jumlah dan kualitas penduduk akan berdampak positif terhadap tingkat kesejahteraan dan kesehatan keluarga,” ujar Munawar Ibrahim.

Munawar juga mengingatkan masyarakat untuk menghindari ‘empat terlalu’, yakni terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering, dan terlalu cepat.

“Dengan adanya program ini, kita harapkan masyarakat mampu meningkatkan kualitas hidup dan juga menekan angka kuantitas. Sehingga terciptalah SDM yang berkualitas dan dapat menstabilkan perekonomian,” tutupnya.

Sementara itu, dalam penyampaiannya, Saniatul Lativa mengatakan, sebagai wakil rakyat, dia berkomitmen untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Menurutnya, dalam Bangga Kencana ini, keluarga menjadi entry point dalam intervensi yang dilakukan BKKBN dan perangkat daerah pengelola program KB di daerah.

“Program ini untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk yang ada,” ucapnya.

Saniatul juga meyakini program tersebut membantu kuantitas penduduk yang terkendali dan kualitas yang makin baik, serta meningkatkan pembangunan nasional. Program yang menjadi penyeimbang antara kebutuhan dan jumlah penduduk yang ada.

Dalam sosialisasi tersebut, BKKBN terus mengedukasi warga secara rinci, tentang cara membina keluarga untuk menurunkan angka stunting, program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, keterampilan hidup dan pendidikan. Hadir dalam kesempatan tersebut, warga setempat, perangkat desa, kecamatan dan dinas terkait. (*)

DRadio 104,3 FM Jambi