Beranda Akses HUT PMI ke-75, PMI Tetap Eksis Hingga Sekarang

HUT PMI ke-75, PMI Tetap Eksis Hingga Sekarang

JAMBI, AksesNews – HUT Palang Merah Indonesia (PMI) ke 75, PMI Provinsi Jambi laksanakan beberapa rangkaian kegiatan. Meskipun di masa Pendemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) tak mematahkan semangat dalam melakukan semangat menjalankan tugas kemanusiaan.

PMI Provinsi Jambi hari ini, Kamis (17/09/2020) melaksanakan upacara bendera peringatan hari berdirinya PMI di Indonesia tepatnya satu bulan setelah Kemerdekaan (17 September 1945). Upacara tersebut di pimpin langsung oleh Ketua PMI Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus yang diwakili oleh Wakil Ketua, Syahrasaddin.

Selain itu, PMI Provinsi juga telah melakukan kegiatan donor darah sejak 13 September hingga puncaknya pada 17 September 2020. Pemberian Paket sembako juga akan di salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Wakil Ketua PMI Provinsi Jambi, Syahrasaddin mengatakan PMI merupakan organisasi sosial kemanusiaan yang ada di Indonesia. Organisasi ini termasuk tua dan mampu bertahan hingga di usia 75 tahun serta eksistensinya tetap berkiprah di tengah masyarakat.

“Sebagai organisasi, PMI memang cukup tua. PMI ini tetap eksis dan bertahan sampai sekarang karena memegang prinsip prinsip dasar palang merah dan bulan sabit merah internasional, yakni Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan,” kata Syahrasaddin.

PMI Eksis Hingga Sekarang

Menurut Syahrasaddin, prinsip kesukarelaan ini yang membuat Relawan PMI tetap bertahan karena tak ada unsur paksaan. Selain itu, Relawan PMI juga sukarela dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan.

“Prinsip sukarela ini yang membuat Relawan yang membesar PMI khusus dalam melaksanakan tugas kemanusiaan seperti donor darah, penanggulangan bencana, penyelesaian konflik sosial, dan pelayanan kesehatan masyarakat,” sebutnya.

Dirinya menegaskan, PMI Provinsi Jambi terus berkontribusi kepada masyarakat di kabupaten kota, Provinsi dan Nasional bahkan internasional. Ditambah lagi, di masa covid-19, PMI terus berupaya dalam penanggulangan dan membantu pemerintah.

Laksanakan Donor Darah Bersama Mitra

Dalam rangka HUT PMI ke 75, PMI Provinsi Jambi melaksanakan donor darah pada 13-17 September 2020. Puncak kegiatan adalah seluruh pengurus dan relawan PMI mendonorkan darahnya apabila melengkapi syarat pendonor.

” Kita melaksanakan donor darah 5 hari sejak 13 September bersama mitra PMI seperti TNI, Polri, Ojek online dan lembaga lainnya untuk donor darah. Hari ini 17 September adalah puncaknya yang mana kita Pengurus dan relawan donor darah di Markas PMI Provinsi Jambi,” jelasnya.

Terkait stok darah di kota Jambi, Syahrasaddin mengatakan stok ada tapi belum mencukupi karena situasi Covid-19 ini membuat masyarakat kurang berani untuk keluar rumah. Selain itu, untuk kegiatan di tempat umum pun, masih terbatas karena penerapan jarak sosial protokol Kesehatan.

“Kami PMI Provinsi Jambi bersama UTD PMI Kota Jambi terus menghimbau dan mensosialisasikan agar masyarakat mendonorkan darahnya. Selain itu, upaya kita kedepannya juga mendorong PMI Kabupaten kota untuk membuat bank darah atau mendirikan UTD PMI di masing-masing wilayah,” jelas Syahrasaddin.

“Kedepan, kita juga akan lakukan digitalisasi donor darah agar mempermudah masyarakat dalam mencari darah,” sebutnya.

Penyaluran Sembako Bagi Masyarakat yang Membutuhkan

Di masa Pendemi ini, perekonomian masyarakat juga menurun, namun di HUT PMI ke 75 ini, PMI Provinsi Jambi berupaya membantu meringankan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan sesuai hasil pendataan.

” Kita akan memberikan sembako, ada 150 paket sembako , kita sudah siapkan untuk membantu keluarga-keluarga yang terdampak oleh covid. Ini bentuk kepedulian kita,” jelas Syahrasaddin.

Tugas dalam Penanggulangan Pendemi Covid-19 di Jambi

PMI Provinsi Jambi selama Pendemi Covid-19 ini selalu berusaha memutuskan rantai penyebaran virus dengan penyebaran masker hingga penyemprotan disinfektan.

“PMI di Jambi sudah melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala sebanyak 1.354 titik lokasi. Penyemprotan ini dalam rangka mengatasi Pendemi covid-19.selain itu, kita juga menyebarkan lebih kurang 15 ribu pcs masker dan banyak lagi tugas yang kita lakukan,” pungkasnya. (Alra)

DRadio 104,3 FM Jambi