Beranda Akses Sahabat Kuale dan Relawan Mangrove Peringati HUT ke-75 RI di Pesisir Pantai

Sahabat Kuale dan Relawan Mangrove Peringati HUT ke-75 RI di Pesisir Pantai

JAMBI, AksesNews – Beragam cara masyarakat dalam mengekspresikan kecintaannya terhadap tanah air Indonesia. Ditambah lagi dalam momen hari kemerdekaan Indonesia ke-75, pada 17 Agustus 2020 ini.

Seperti yang dilakukan oleh Sahabat Kuale dan Relawan Mangrove ini. Mereka mengibarkan bendera di pesisir pantai di kawasan Mangrove Parit Sembilan, Kelurahan Tungkal 1, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, Jambi.

Selain itu, sebanyak 75 pohon bakau juga ditanam demi melindungi ekosistem pantai pesisir Indonesia khususnya Jambi.

Koordinator Relawan Mangrove, Windi Vanholand mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menggugah semangat generasi muda agar peduli dengan lingkungan di sekitar, terutama di tempat tinggal mereka.

“Sebagai masyarakat pesisir menjaga ekosystem mangrove sangatlah penting, hutan Mangrove dapat berfungsi sebagai penahan agar tanah tidak mudah erosi/Abrasi, selain itu kawasan mangrove juga dapat berfungsi sebagai tempat hidupnya hewan-hewan langka dan juga sebagai kawasan yang dapat menyerap karbon cukup tinggi,” jelasnya, Senin (17/08/2020).

Sahabat Kuale dan Relawan Mangrove di Tanjab Barat saat merayakan HUT ke-75 RI.
Sahabat Kuale dan Relawan Mangrove di Tanjab Barat saat merayakan HUT ke-75 RI.

Melalui Relawan Mangrove dan Sahabat Kuale, Windi berharap dengan kegiatan kecil ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap Ekosystem mangrove, dan relawan-relawan mangrove terus bertambah di Tanjab Barat sebagai daerah yang sebagian masyarakatnya hidup di wilayah pesisir baik sebagai nelayan ataupun perkebun.

“Nasib bangsa kita tak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri,” pungkas Windi Vanholand. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi