Beranda Akses BKSDA Jambi Kini Miliki Pusat Transit dan Penyelamatan Satwa

BKSDA Jambi Kini Miliki Pusat Transit dan Penyelamatan Satwa

JAMBI, AksesNews – Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE), Ir. Wiratno, M.Sc meresmikan Tempat Penyelamatan Satwa, yang berlokasi di Jalan Lintas Sumatera Mendalo Darat, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (15/12/2020) kemarin.

Dalam sambutannya, Wiratno mengatakan bahwa, ia menyadari sepenuhnya lokasi penyelamatan satwa ini tidak dapat berdampak apa-apa apabila tidak bersinergi dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum, private sektor, NGO dan masyarakat.

“Dengan sinergitas, kerjasama saya yakin kelestarian tumbuhan dan satwa liar akan terwujud,” kata Wiratno.

Dibangun tahun 2019 pada areal seluas 3.000 meter persegi, tempat penyelamatan satwa kini telah memiliki sarana dan prasana yang cukup lengkap seperti Kantor Administrasi, Klinik Hewan, Ruang Radiologi, Ruang Operasi, Rumah Jaga petugas medis serta 18 Kandang Satwa.

Dari bulan Maret 2020 sampai dengan sekarang, terdapat 39 ekor satwa yang direhabilitasi di tempat penyelamatan ini. Dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun tersebut, BKSDA Jambi telah berhasil melepasliarkan 19 ekor satwa ke habitatnya di alam.

Adapun satwa yang masih direhabilitasi, yaitu sebanyak 20 ekor satwa yang terdiri dari 5 ekor beruang, 2 ekor owa ungko, 1 ekor rusa timor, 1 ekor tapir, 4 ekor kukang, 1 ekor julang emas, 1 ekor elang bondol, 1 ekor elang ularbido, 1 ekor kakatua jambul kuning dan 1 ekor buaya sinyulong.

Selain itu, ada juga 2 ekor buaya muara yang dirawat sepenuh hati oleh dokter hewan serta paramedis yang bersiaga 24 jam serta berkompeten di bidangnya. Adapun sebagian besar satwa liar tersebut, diperoleh dari hasil sitaan maupun hasil penyerahan sukarela oleh masyarakat untuk dilakukan proses rehabilitasi.

Kepala BKSDA Jambi, Rahmad Saleh mengatakan bahwa dangan adanya Pusat Transit dan Penyelamatan Satwa yang telah diresmikan ini, ke depannya ia mengajak semua pihak untuk menyadari pentingnya mencintai dan ikut melestarikan satwa liar.

“Sesuai sabda Rasulullah SAW: Sayangilah setiap makhluk di bumi niscaya kalian akan disayangi oleh Dzat yang di langit”. (HR. Abu Dawud, al-Turmudzi, dan al-Hakim),” menutup pernyataannya.

Selain acara peresmian, adapula penyerahan piagam penghargaan kepada pihak-pihak yang berjasa di bidang konservasi serta peninjauan lokasi kandang satwa di Tempat Penyelamatan Satwa, Mendalo Darat, Kabupaten Muaro Jambi. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi