Beranda Akses Bawaslu: DPT yang Telah Ditetapkan KPU Tanjab Barat Belum Final

Bawaslu: DPT yang Telah Ditetapkan KPU Tanjab Barat Belum Final

TANJABBAR, AksesJambi.com – Bandan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat menyatakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan oleh KPU Tanjab Barat sebanyak 211.950 tersebut, belumlah final.

Komisioner Bawaslu Tanjab Barat, Mon Rezi menegaskan jika DPT tersebut belum bersifat final. Sebab, akan terus bertambah data yang masuk di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

“Data DPT tersebut final ya belum lah, soalnya melihat data yang sudah merekam dari Dukcapil dibanding data jumlah DPT yang di Pleno kan KPU kemaren rasanya kita masih bisa meningkatkan dan memaksimalkan DPT,” ujarnya.

Komisioner Bawaslu Tanjab Barat ini juga menyebutkan, hal itu akan bisa berubah jika semua pihak ikut serta bersama-sama dalam menjalankan partisipasi.

“Kita ini syaratnya adalah semua pihak ikut berpartisipasi dalam proses pemaksimalan daftar pemilih ini,” ucapnya.

Cara yang bisa dilakukan yakni masyarakat dan pihak terkait melaporkan ke Bawaslu jika belum terdaftar dalam DPT yang sudah ditetapkan Bawaslu.

“Dengan melaporkan yang belum mendaftar dan menyampaikan ke Bawaslu berkaitan dengan masalah masalah daftar pemilih,” ujarnya.

DPT akan terus bertambah hingga hari pencoblosan mendatang yakni pada 9 Desember 2020 mendatang. Jadi untuk DPT hingga tanggal 9 nanti rasanya masih akan terus bergerak.

Untuk diketahui, jika berdasarkan Data Dukcapil Tanjab Barat terdapat sebanyak 221 ribu warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP. Tentu hal ini jauh berbeda dengan data yang ditetapkan KPU Tanjab Barat sebanyak 211.950 DPT. (Dika/*)

DRadio 104,3 FM Jambi