Beranda Akses Seniman Madihin Kondang Tanjab Barat Nyatakan Sikap Arah Politiknya

Seniman Madihin Kondang Tanjab Barat Nyatakan Sikap Arah Politiknya

TANJABBAR, AksesJambi.com – Seniman Madihin Kondang Tanjab Barat Junaidi Mz secara langsung menyatakan dukungan untuk kemenangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, pasangan Mulyani Siregar dan Muhammad Amin Abdullah.

“Kami tetap mendukung Pak Mulyani dan Ustaz Amin,” kata Junaidi Mz melalui Ponsel, Rabu (15/07/2020).

Junaidi Mz akrab disapa Aak kondang ini, menuturkan Seni Madihin Rantau Banjar mulai dikenalkan ke Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat sekitar tahun 1997 hingga sekarang.

“Bila lenyap kesenian Banjar di Rantau ini, alamat akan tenggelam kapal yang dibawa arus dari budaya asing,” pesannya.

Sekilas tentang kesenian Madihin itu sendiri, kata Aak Kondang, Madihin adalah kesenian Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel). Setiap apa yang disampaikan baik melalui lagu, maupun dakwah berupa syiar Islam.

“Saat tampil ada juga berupa lagu, maupun puisi. Kebanyakan Dakwah syiar Islam yang diiringi dengan Gendang juga bercampur Humor didalamnya yang disampaikan, sehingga mudah diterima masyarakat,” bebernya.

Kalau contoh syair yang disampaikan seperti, masalah Narkoba juga dijelaskan. Pengaruhnya besar dari perbuatan setan, jangan sekali-kali mencoba apalagi menjual digelap-gelapan.

“Polisi siap menangkap, siap ditahan di Penjara Bram Itam. Kalau tidak dibasmi masalah Narkoba ini, rusak generasi-generasi penerus Bangsa. Nilai keimanan hilang begitu saja, akhirnya para pengedar menjadi merajalela . Korban anak pelajar pengaruh Narkoba. Jadi hati-hati Narkoba masuk Kota bersama,” sebut Aak kondang. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi