Beranda Akses Pasien Suspect Corona di Jambi Dikabarkan Bertambah 9 Orang, Begini Faktanya

Pasien Suspect Corona di Jambi Dikabarkan Bertambah 9 Orang, Begini Faktanya

JAMBI, AksesNews – Beredar kabar, bahwa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi pasien suspect virus Corona (Covid-19) bertambah lagi 9 orang. Mereka dikabarkan baru saja pulang ke Jambi usai bepergian ke luar negeri. Begini fakta yang sebenarnya.

Sebelumnya, per tanggal 15 Maret 2020 sudah ada 4 pasien suspect Corona yang diisolasi di RSUD Raden Mattaher Jambi. Hari ini, Senin (16/03/2020) dikabarkan ada 9 orang yang mendatangi rumah sakit pemerintah itu untuk memastikan terindikasi corona atau tidak.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah saat dikonfirmasi AksesJambi.com, Senin (16/03/2020) malam.

“Hari ini, memang ada 9 orang dari salah satu perusahaan perkebunan di Muaro Jambi dengan histori yang berbeda-beda. Ada dari luar negeri, dari jawa, dan baru mengunjungi daerah yang terdampak corona,” kata Johansyah.

Ternyata, kesembilan orang tersebut dari sebuah perusahaan dan mereka datang atas kesadaran sendiri untuk memeriksakan kondisi kesehatan mereka usai berpergian ke beberapa tempat yang berbeda.

“Atas kesadaran mereka memeriksa kesehatannya di UGD RS Raden Mattaher. Setelah diperiksa suhu badan, rontgen paru tidak menunjukan ada gejala-gejala yang mengarah gejala dicurigai suspect corona, maka dibolehkan pulang” jelasnya.

Usai dilakukan pemeriksaan, kata Johansyah, mereka sudah pulang dari rumah sakit. Namun, mereka tercatat sebagai orang dalam pemantauan (ODP) dan dalam pengawasan oleh pihak RSUD Raden Mattaher, serta dilaporkan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi.

Selain itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi itu juga meminta kepada warga masyarakat Jambi untuk tenang dan tidak perlu cemas. Jangan mudah terhasut dengan informasi yang tidak jelas kebenarannya.

“Penanganan antisipiasi virus Corona, RSUD Raden Mattaher sudah siapkan ruang isolasi. Masyarakat tetap tenang, tidak perlu khawatir, yang penting jaga kesehatan dan ketahanan tubuh agar terhindar dari penyakit,” imbaunya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi